Rekomendasi Pencairan DD/ADD Tertunda

1. Jefryy/Bengkulu Ekspress- Sebagian Kades dan perangkat desa menunggu tandatangan Rekoemndasi pencaiaran DD dan ADD dari dinas PMD Seluma.

TAIS, Bengkulu Ekspress– Dua hari terakhir, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ramai. Sejumlah perangkat desa dan kepala desa berbondong mendatangi kantor Dinas PMD. Kedatangan mereka untuk meminta rekomendasi persetujuan dalam pencaiaran Dana Desa (DD) dan Alokasi dana Desa(ADD) tahap pertama. Hanya saja, rekomendasi yang dibutuhkan belum bisa didapatkan, karena pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD sedang melaksanakan perjalanan dinas luar (DL).

“Kami ke dinas ini sudah lima kali bolak balik untuk mengurus rekomendasi ini agar bisa dikeluarkan, namun sampai di kantor ini kami tidak bisa memproses pencaiaran DD dan ADD dengan alasan kepala dinas tengah DL,” keluh Kades Padang Pelawi Ridi Kismantoro kepada Bengkulu Ekspress kemarin (21/5).

Bukan hanya kades Padang Pelawi, Perangkat Desa Bunut Tinggi juga mengalami hal yang sama. Termasuk juga perangkat desa Air Teras yang juga sudah mondar mandir ke PMD selama dua hari ini. Rekomendasi yang dibutuhkan tak kunjung di keluarkan dengan alasan kepala dinas belum menandatangani surat rekomendasi tersebut.

“Kami sudah berkali-kali merevisi dan melengkapi berkas syarat pencairan DD dan ADD jelas ini juga membutuhkan biaya. Gaji kades dan perangkat daerah harus dibayarkan. Ditambah lagi selangkah lagi akan memasuki lebaran Idhul Fitri,” keluh Perangkat Desa Air Teras, Kusni.

Dijelaskan, rekomendasi dari Dinas PMD sangat di butuhkan. Setelah terhitung Januari hingga Mei ini, kades dan perangkat desa belum gajian. Ditambah lagi dengan seminggu kedepan juga sudah memasuki lebaran Idul Fitri. Jelas perangkat desa dan kades ini membutuhkan uang dan belanja dari gaji mereka.

“Kades dan perangkat desa membutuhkan gaji. Untuk itu perlu merealisasikan DD dan ADD. Jika tidak kapan lagi dang sudah masuk bulan mei,” imbuhnya.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Saparudin MPd, memang sedang tidak berada di kantornya. Saat Bengkulu Ekspress mencoba menghubunginya untuk mengkonfiormasi berita ini dia hanya menjawab singkat melalui ponsel genggamnya, menerangkan dia sedang mengikuti rapat. “Saya lagi rapat di provinsi,”singkatnya.(333)