Rekomendasi Kemendagri Minggu Ini

foto;Ist

KEPAHIANG, BengkuluĀ  Ekspress – Dalam minggu ini rekomendasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) diperkirakan sudah tuntas dan dapat digunakan sebagai kelengakapan untuk mendapatkan rekomendasi dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu). Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Pembangunan Setda Kepahiang, Jono Antoni, S.Sos menurutnya dari informasi yang didapatkan olrh Pemkab Kepahiang, sebagaimana wacana Pemerintah Daeeah Kabupaten Kepahiang untuk melakukan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), saat ini hanya menunggu beberapa langkah lagi, sehingga penjalinan MoU untuk pinjaman SMI dapat dilaksanakan.

Untuk melakukan pinjaman ke PT SMi ini kan melalui beberapa rangkaian tahapan, jadi setelah tahap di tingkat Kabupaten, kita harus melengkapi perayaratan ke Kemendagri. Kelengkapan perayaratan yang diminta sudah kita lengkapi dan telah diproses, informasi yang kami terima dalam minggu minggu ini sudah selesai,” ungkapnya. Tak hanya sebatas itu saja, Lanjut Joni usai mendapatkan surat rekomendasi tersebut, nantinya Pemkab Kepahiang juga harus mendapatkan rekomendasi pinjaman dari Kemenkeu.



“Jadi untuk bisa mendapatkan pinjaman ke SMI ini kita harus melengkapi perayaratan beberapa diantaranya itu rekomendasi kemendagri dan kemenkeu.

untuk rekomendasi Kemenkeu baru bisa kita dapatkan apabila rekomendasi dari Kemendagri sudah dikeluarkan. Sebab untuk mendapatkan surat rekomendasumi dadi Kemendagri salah satu peryaratannya adalah rekomendasi Kemendagri,” paparnya. Dibagian lain, Ia juga menjelaskan mengenai rekomendasi tersebut memang memakan waktu yang tak sebentar. Sebab dari rekomendasi yang didapatkan harus melalui alur dan proses ditiap titik alurnya.

“Kalau untuk rekomendasi dari Kemenkeu diperkirakan sekitar 15 hari bisa dikeluarkan setelah syaratnya lengkap, tapi saat ini yang jelas kita tunggu dikeluarkannya rekomendasi Kemendagri untuk syarat ke Kemenkeu,” ungkapnya.

Disinggung mengenai persyaratan dari Pemkab Kepahiang, yang harus dilengkapi untuk proses di Kemenkeu nantinya, menurutnya saat ini telah dipersiapkan. “Sudah tuntas disiapkan, hanya menenggu sayarat kelengkapan rekomendasi dari Kemendagri, untuk sayartnya ada di Badan Keuangan Daerah (BKD) sudah diperasiapkan,” pungkasnya. (320)