Rekam e-KTP Capai 10 Ribu Orang

KOTA MANNA, BE – Hingga kemarin warga Kecamatan Kota Manna yang mengikti rekam e-KTP atau KTP elektronik belum mencapai 50 persen atau masih sekitar 10 ribu warga. Hal ini Camat Kota Manna Drs Toni Alpian MSi kepada BE, kemarin. “Untuk jumlah warga yang sudh rekam e-KTP hingga Rabu  (kemarin, red) baru mencapai 35 persen atau sekitar 10 ribu warga,” katanya.
Menurutnya, dengan jumlah yang dicapai baru 35 persen, dirinya belum dapat memastikan kalau pencapaian rekam e-KTP Kecamatan Kota Manna jumlah 30 Oktober mendatang bisa tuntas 100 persen.
Pasalnya, kata dia, jumlah wajib KTP di Kecamatan Kota Manna mencapai 23 ribu orang. Lambannya pencapaian rekam e-KTP ini, kata Toni, disebabkan banyak faktor, diantaranya banyak kesalahan nama pada daftar nama warga, lalu ada juga kesalahan tanggal lahir pada kartu keluarga. Lalau ada juga warga yang baru membuat kartu keluarga yang sudah mendatangi kantor camat untuk melakukan rekam e-KTP. Padahal nama mereka baru terdaftar di kecamatan setelah waktu seminggu kartu keluarga di keluarkan dari Dinas Dukcapil. “Tidak hanya itu hambatan kami dalam rekam e-KTP yakni karena lampu sering mati akhir-akhir ini. Dengan kondisi tersebut, maka target mencapaian e-KTP hingga 30 oktober tuntas 100 persen sulit tercapai,” ujarnya.
Terkait beberapa waktu lalu Dinas Dukcapil telah menyerukan agar pihak kecamatan memperpanjang waktu rekam e-KTP hingga pukul 17.00 WIB, dan pihaknya sudah mencoba. Namun para petugas e-KTP mengeluh, karena tidak ada uang lembur dalam menjalankan tugas tambahan tersebut. Akhirnya dirinya mengambil kebijakan dengan kembali melakukan rekam e-KTP sesuai dengan jam kerja kantor yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.(369)