Rejang Lebong Terima 1.238 Formasi CPNS dan PPPK

Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong H RA Denni SH MM

 

CURUP,bengkuluekspress.com– Terkait dengan jumlah formasi untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pemerintah Kabupaten Rejang diketahui menerima sebanyak 1.238 formasi baik untuk CPNS maupun PPPK.
“Dari Menpan RB kita mendapat jatah CPNS dan PPPK sebanyak 1.238 orang,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong H RA Denni SH MM Rabu (9/6).

Dijelaskan Sekda, dari 1.238 formasi yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurutnya untuk CPNS sebanyak 116 formasi dan sisanya sebanyak 1.122 untuk PPPK. Untuk 116 formasi CPNS tersebut sebanyak 75 formasi untuk tenaga kesehatan dan 41 formasi untuk tenaga teknis.
Sedangkan untuk formasi PPPK dari sebanyak 1.122 PPPK tersebut dengan rincian untuk tenaga pendidik sebanyak 969 formasi, kmeudian untuk tenaga kesehatan sebanyak 114 formasi dan tenaga teknis sebanyak 39 formasi.
“Untuk PPPK memang yang paling banyak adalah tenaga pendidik, karena seluruh formasi tenaga pendidik adalah PPPK,” tambah Sekda.

Namun menurut Sekda, meskipun saat ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah menerima kuota untuk penerimaan CPNS dan PPPK, namun untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK sendiri ia belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan. Karena menurut Sekda pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).
Karena menurut Sekda, pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK diundur dari waktu yang sebelumnya telah ditetapkan. Bahkan menurutnya pengunduran waktu ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.
“Bila Juklak dan Juknisnya sudah keluar, maka akan kita langsung umumkan sesuai dengan Juklak dan Juknis itu,” tambah Sekda.

Disisi lain, meskipun belum ada kepastian terkait kapan akan dilaksanakannya rekrutmen CPNS dan PPPK, namun menurut Sekda Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan sejumlah persiapan termasuk untuk rencana lokasi akan dilaksanakannya seleksi yang akan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).
Untuk seleksi CAT para rekrutmen CPNS dan PPPK Kabupaten Rejang Lebong, menurut Sekda kemungkinan bessar akan dilaksanakan terpusat di Universitas Bengkulu (UNIB). Pelaksanaan CAT di UNIB sendiri, menurut Sekda kemungkinan hanya untuk pelamar dari Provinsi Bengkulu saja, sedangkan untuk dari luar Provinsi Bengkulu kemungkinan bisa mengikuti tes dari lokasi BKN setempat.
“Namun ini masih rancangan kita untuk mempersiapkan peneriman CPNS dan PPPK, karena kita masih tetap menunggu petunjuk resmi,” papar Sekda.

Disisi lain, Sekda mengaku meskipun rekrutmen CPNS dan PPPK selalu diharapkan untuk mengisi kekosongan SDM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, dengan jumlah penerimaan yang sampai 1.238 formasi tersebut, Sekda mengaku Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong memiliki sedikit kendala terkait dengan gaji mereka dengan kondisi keuangan daerah yang ada saat ini. Namun menurut Sekda pihaknya akan berkoordiansi dengan pemerintah pusat terkait masalah tersebut, terlebih lagi sistem penggajian untuk PPPK belum ada mengingat rekrutmennya baru akan dilaksanakan dan sebelumnya belum pernah dilakukan.
“Untuk masalah gaji khususnya PPPK, nanti akan kita koordinasikan dengan pusat, bisa saja nanti ada tambaha untuk DAU kita atau dari mekanisme lain,” demikian Sekda.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*