Rejang Lebong Kembangkan Bawang

ARY/Bengkulu Ekspress Dedek (56) salah seorang petani bawang merah saat menunjukkan hasil budidaya bawang merah yang mereka lakukan. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan melakukan pengembangan budidaya bawang merah dan bawang putih dengan luasan 50 dan 70 hektar.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memenuhi kebutuhan bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan mengembangkan budidaya baik bawang merah maupun bawang putih. “Tahun ini kita berencana untuk mengembangkan budidaya bawang merah dan bawang putih,” sampai Kepala Dinas Pertani dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman SP.

Menurut Taman, pengembangan bawang putih maupun bawang merah di Kabupaten Rejang Lebong cukup menjanjikan. Karena pada tahun 2018 lalu Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan ujicoba pengembangan baik bawang merah maupun bawang putih dan hasilnya cukup menjanjikan.



“Setelah kita lakukan uji coba tahun 2018 kemarin, ternyata pengembangan bawang merah dan bawang putih bisa kita laksanakan di Rejang Lebong ini,” sampai Taman.

Dimana menurut Taman, dari uji coba yang mereka lakukan tersebut, dari satu hektar lahan yang ditanami bawang putih bisa menghasilkan sekitar 4 ton bawang putih, sedangkan untuk budidaya bawang merah pada lahan seluas satu hektar bisa menghasilkan 7 hingga 8 ton bawang merah.

Untuk pengembangan budidaya bawang merah dan bawang putih tersebut, menurut Taman Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong telah menganggarkan di APBD Kabupaten Rejang Lebong. Dimana untuk budidaya bawang putih mereka telah menyiapkan anggaran untuk 70 hektar, sedangkan untuk bawang merah sudah disiapkan anggaran untuk 50 hektar.

“Khusus untuk bawang butih rencananya akan kita lakukan pengembangan di Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi hingga Sindang Dataran, karena daerah tersebut yang cocok untuk budidaya bawang,” sampainya

Sementera itu, untuk bawang merah juga akan dilaksanakan di Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Sindang dataran ditambah dengan Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya. Karena beberapa waktu lalu petugas Bhabinkamtibmas Polres Rejang Lebong berhasil melakukan pembinaan budidaya bawang merah kepada petani di Kecamatan Bermani Ulu. Sehingga menurut Taman didaerah Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya juga cocok untuk budidaya bawang merah.

Taman berharap pengembangan budidaya bawang merah yang dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bisa berkembang sehingga menurutnya hasil pengembangan bawang merah dan bawang putih tersebut nantinya bisa untuk memenuhi kebutuhan bawang di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dengan adanya pengembangan bawang merah dan bawang putih ini, kita berharap bisa memenuhi kebutuhan bawang di Kabupaten Rejang Lebong dan kita tidak bergantung dengan pasokan dari luar lagi sehingga harganya bisa tetap stabil,” demikian Taman.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*