Rejang Lebong Habitat Raflesia Arnoldi

Ary/BE
Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan mekar di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang beberapa waktu lalu. Saat ini Rejang Lebong merupakan habitat dari Bunga Rafflesia terutama Rafflesia Arnoldi

CURUP, bengkuluekspress.com– Seiring dengan seringnya ditemukan Bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di Kabupaten Rejang Lebong. Komunitas Peduli Puspas Langka (KPPL) Bengkulumengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Rejang Lebong merupakan habibat dari Puspa Langka icon Bengkulu tersebut.
“Dari laporan banyaknya Bunga Rafflesia yang tumbuh di Rejang Lebong, maka saat ini Rejang Lebong merupakan habibat dari Bunga Rafflesia,” terang Koordinator KPPL Bengkulu, Sofian Raflesia SIp MSi.
Menurut Sofian meskipun di Bengkulu saat ini sudah ditemukan ada lima jenis Bunga Rafflesia, dari beberapa kali Bunga Rafflesia yang ditemukan mekar di Kabupaten Rejang Lebong tersebut adalah jenis Rafflesia Arnoldi.
Namun menariknya, menurut Sofian sebagian besar Bunga Rafflesia yang ditemukan mekar di Kabupaten Rejang Lebong ini berada diarea tanah warga meskipun ada juga yang ditemukan dihutan lindung.
“Di Rejang Lebong ini cukup menarik, karena sebagian besar Bunga Rafflesia justru ditemukan mekar di tanah warga bukan hutan lindung,” tambah Sofian.

Dalam kesempatan tersebut, Sofian juga menjelaskan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai atau Amorphophallus Titanum yang juga sering ditemukan tumbuh di Rejang Lebong merupakan flora yang dilindungi oleh undang-undang sehingga perlu dilestarikan.
Oleh karena itu, ia berharap masyarakat Rejang Lebong untuk bisa menjaga dan melestarikan dua puspas langka tersebut. Dalam melestarikan dua puspa langka tersebut masyarakat harus menjaga habitatnya dan tidak merupak bunga ataupun inangnya.
“Status Bunga Rafflesia dan Bunga Kibut ini sama dengan harimau dan gajah, bila merusak keduanya maka bisa dihukum sebagaimana pelaku perburuan harimau dan gajah,” tegas Sofian.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*