Rejang Lebong Dapat Bantuan 50 Hand Traktor

Ary, verifikasi penerima bantuan hand traktor (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong saat melakukan verifikasi penerima bantuan hand traktor di BPP Kesambe Lama pada Kamis (30/8) kemarin

CURUP, Bengkulu Ekspress – Kementerian Pertanian kembali memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kabupaten Rejang Lebong. Bantuan Alsintan yang diberikan untuk Kabupaten Rejang Lebong tersebut berupa 50 unit hand traktor.

“Untuk tahun ini kita mendapat bantuan 50 unit hand traktor dari Kementerian Pertanian,” sampai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman SP saat dikonfirmasi Kamis (30/8) kemarin.

Dijelaskan Taman, dari 50 unit hand traktor yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan dibagikan kepada sejumlah kelompok tani yang ada di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong. Hanya saja menurut Taman tidak semuan hand traktor bantuan dari Kemneterian Pertanian tersebut akan mereka serahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong, karena menurutnya 5 unit akan tetap berada di Dnas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong sebagai brigade.

“Yang kita serahkan cuman 45 unit, sedangkan 5 unit sebagai brigade di Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong,” tambah Taman.

Ary, verifikasi penerima bantuan hand traktor (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong saat melakukan verifikasi penerima bantuan hand traktor di BPP Kesambe Lama pada Kamis (30/8) kemarin

5 Unit yang tetap di Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Taman akan digunakan untuk hal-hal yang mendesak, seperti untuk petani yang membutuhkan hand traktor mendesak tetapi hand traktor yang mereka gunakan masih digunakan ditempat lain, atau bisa juga nanti digunakan untuk petani-petani yang belum tersentuh program bantuan hand traktor. Namun menurut Taman sifatnya hanya meminjam saja.

Di sisi lain, untuk 45 unit hand traktor lainnya, menurut Taman akan mereka bagikan ke 45 kelompok tani yang ada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurutnya saat ini pihaknya masih dalam proses tahap verifikasi ke lapangan untuk melihat langsung kelompok tani dan komitmen mereka setelah mendapatkan hand traktor tersebut.”Untuk penerimanya saat ini tengah kita lakukan verifikasi dengan turun langsung ke lapangan, untuk melihat kriteria dan komitmen mereka bila mendapat bantuan hand traktor.

Dijelaskan Taman, total kelompok tani yang mengusulkan bantuan hand traktor kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 61 kelompok tani. Dari 61 kelompok tani tersebut 48 diantaranya sudah selesai mereka verifikasi. Sisanya akan mereka selesaikan dalam waktu dekat ini.”Untuk pembagian kita masih menunggu petunjuk dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu,” demikian Taman.(251)