Rejang Lebong Belajar dengan Surabaya

Drs Noprianto MM
Drs Noprianto MM

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memaksimalkan peran dari Pembinaan Olahraga di Kabupaten Rejang Lebong kedepannya. Beberapa waktu lalu tim dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan DPRD Rejang Lebong melaksanakan study banding ke Kota Surabaya.

Menurut Kepala Dispora Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM kunjungan mereka ke Kota Surabaya merupakan bagian dari pembahasan Raperda Olahraga yang saat ini tengah dibahas di DPRD Kabupaten Rejang Lebong.



“kita ke Surabaya beberapa hari lalu untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan olahraga yang dilakukan Kota Surabaya,” sampai Nopri.

Dijelaskan Nopri, Kota Surabaya dipilih, karena memang mekanisme pengelolan kegiatan olahraga di Kota Surabaya sudah lebih maju dan mudah. Dimana menurutnya koordinasi antar Dispora, KONI dan sejumlah pihak lainnya sudah berjalan dengan maksimal.
“Disurabaya antara Dispora, KONI dan sejumlah pihak terkait sudah memahami tugas mereka masing-masing,” terang Nopri.

Nopri mencontohkan, dalam pengelolaan olahraga di Kota Surabaya, KONI dan Cabang Olahraga bertanggungjawan penih terhadap teknis pembinaan dimasing-masing Cabor. Sedangkan untuk Dispora hanya bertugas dalam penganggaran saja. Sementara itu, terkait dengan pembahasan Raperda di DPRD Rejang Lebong sendiri, menurut Nopri, salah satu poin yang akan dimasukkan dalam Raperda olahraga adalah terkait dengan pengelolaan olahraga di Kabupaten Rejang Lebong kedepannya.

Dimana menurut Nopri, kedepannya pengembangan Olahraga juga akan melibatkan sejumlah OPD terkait. Ia mencontohkan untuk olahraga pendidikan nanti akan diberikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, begitu juga dengan olahraga rekreasi yang lebih dekat dengan Dinas Pariwisata.

“Selama ini setiap berbicara olahraga, kita selalu berbicara Dispora, padahal Olahraga itu tentatif, sehingga bisa melibatkan OPD lain seperti olahraga pendidikan di Dispora,” sampainya.

Saat sejumlah olahraga menjadi tanggungjawab sejumlah OPD lainnya, menurut Nopri bukan berarti Dispora tidak memiliki tugas lagi, namun menurutnya Dispora akan banyak bekerjasama sama dengan Koni untuk membangun desain olahraga secara umum salah satunya olahraga prestasi.(251)