Reina Resmi, Higuain Hampir Pasti

MELBOURNE — Kiper utama Liverpool dalam delapan tahun terakhir Pepe Reina resmi berlabuh ke Napoli. Reina bergabung dengan runner up Serie A 2012-2013 itu dengan status pinjaman.

Di Napoli, Reina akan bereuni dengan Rafael Benitez, manajer yang membawanya ke Liverpool dari Villarreal 2005 silam. Manajer Liverpool Brendan Rodgers mengatakan bahwa pelepasan Reina memang disengaja.

Pelepasan kiper berusia 30 tahun itu, kata Rodgers, bertujuan agar keuangan The Reds -julukan Liverpool- semakin sehat. Gaji Reina yang mencapai 110 ribu Pounds (Rp 1,7 miliar) perpekan memang sangat memberatkan.

“Secara finansial, langkah itu memang kami butuhkan,” kata Rodgers seperti dilansir Liverpool Echo. “Kami jelas tidak akan melepas kiper kelas atas. Namun, klub sudah menyiapkan pengganti untuk membawa kiper baru,” tambah manajer berusia 40 tahun tersebut.

Liverpool memang sudah menyiapkan pengganti Reina. Awal bulan ini, Rodgers resmi menggaet kiper utama Sunderland 2013-2014 Simon Mignolet. Kiper Belgia tersebut diproyeksikan sebagai starter Liverpool musim 2013-2014. Saat mengalahkan Indonesia XI 2-0 (20/7), Mignolet menjadi pemain inti.

Kedatangan Reina membuat Napoli berencana melepas Morgan De Sanctis ke AS Roma. “Sekarang negosiasi transfernya masih berlangsung,” Riccardo Bigon, Direktur Napoli kepada Football Italia.

Sementara itu, Napoli makin aktif di bursa transfer. Kehilangan striker utama Edinson Cavani yang bergabung ke Paris Saint-Germain membuat Partenopei”julukan Napoli giat mencari striker kelas dunia lainnya.

Berdasarkan berita dari surat kabar Italia Corriere dello Sport, Napoli sudah sepakat untuk memboyong Gonzalo Higuain dari Real Madrid dengan harga EUR 35 juta (Rp 462,2 miliar). Higuain menjadi target anyar karena Napoli kesulitan untuk mendaratkan Leandro Damiao dari Internacional. (nur)