Rehabilitasi Hutan Rp 1,4 M

KESERIUSAN pemerintah dalam program rehabilitasi fungsi hutan dan peningkatan daya dukung daerah aliran sungai tampaknya bukan isapan jempol.  Jika memang terwujud, tahun ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan Rejang Lebong (RL) bakal mendapatkan kucuran dana sebesar Rp. 1,4 M yang merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kehutanan, untuk program rehabilitasi hutan dan peningkatan daya dukung daerah aliran Sungai tersebut.

Hal itu dibenarkan Kepala Dishutbun RL, Ir Zulkarnain melalui Kepala Bidang Program Ari Gunawan ST, Jumat (04/01). “Program ini tidak lepas dari keterlibatan masyarakat di sekitar lokasi hutan, yang akan diikut sertakan dalam program ini,” ujarnya.
Beberapa kegiatan yang akan dijalankan dalam program rehabilitasi hutan tersebut, diantaranya kegiatan pembuatan pembenihan bibit, pembangunan hutan kota, penyediaan sarana pengaman hutan dan penyuluh kehutanan.

“Kita akan melakukan pembangunan hutan kota yang berlokasi di Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur.  Sebab, saat ini pengajuan dari masyarakat perihal pembangunan hutan kota tersebut sudah kita terima,” tegas Ari.

Ari berharap, masyarakat Rejang lebong dapat mendukung penuh berbagai item kegiatan ini. Bagi kelompok tani juga diminta agar sesegera mungkin untuk memberikan pengajuan permintaan bibit yang dibutuhkan. “Agar berjalan baik, diperlukan dukungan penuh dari berbagai pihak. Baik pemerintah daerah, DPRD RL, maupun masyarakat yang akan terlibat langsung dalam program ini,” ujar Ari. (999)