Rehab Rumah Diplot Rp 500 Juta

TAIS, BE – Siap-siap, sebanyak 50 warga miskin di Kabupaten Seluma dipenghujung tahun 2012 ini akan diberi bantuan dana rehab rumah. Dipastikan, Pemkab Seluma akan menyalurkan bantuan sebesar Rp 500 juta untuk dana rehab rumah tidak layak huni (RTLH) secara cuma-cuma dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Drs H Rusyikin membenarkan perihal tersebut. Dikatakannya, dalam program bantuan tersebut sebelumnya sudah dilakukan pendataan terlebih dahulu untuk menentukan masing-masing penerimanya. Namun diakuinya, bantuan tersebut memang masih sangat kurang untuk mencukupi semua kebutuhan rehab seluruh RLTH milik warga miskin di Seluma.

”Kita akan ada program bantuan rehab rumah bagi warga tidak mampu. Per orang besarnya Rp 10 juta terdiri dari Rp 9 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp 1 juta untuk upah tukang. Dulu kita ajukan 700 rumah, tapi disetujui hanya 50 rumah,” kata Rusyikin.

Menurut Kepala Dinsos itu, saat ini pihaknya juga sudah mengusulkan program bantuan serupa lagi ke pemerintah pusat. Sejauh ini, pihaknya sudah mendapat sinyal akan mendapat lagi program tersebut selain dari Kemensos. Sejauh ini pihaknya sudah mendapat peluang untuk bisa membawa program bantuan rehab rumah tahun 2013 dari kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT). (444)