Rehab Jembatan Palak Sarak Tunggu Usulan

kondisi jembatan palak sarak
ASRI/Bengkulu Ekspress
TERANCAM: Kondisi badan jalan dekat jembatan palak sarak yang amblas ini terancam akan semakin melebar jika tidak segera direhab.

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Meskipun sebagian badan jalan di dekat jembatan palak Sarak jalan SMA karya, Kota Manna amblas Jum,at (15/6) lalu. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda akan segera direhab.

“ Dana siap, namun usulan belum kami terima,” kata Kepala DPKAD Bengkulu Selatan, H Sepuan Yunir S Sos MSi.

Sepuan mengatakan, dana yang disiapkan untuk perbaikan jembatan atau badan jalan disamping jembatan tersebut bersumber dari dana bantuan tidak terduga (BTT). Dana BTT dianggarkan pada APBD Bengkulu Selatan 2018 sebesar Rp 500 juta. “Dana BTT kita ada Rp 500 juta, saat ini siap digunakan,” ujarnya.

Sepuan menjelaskan, penggunakan dana BTT tersebut harus melalui usulan. Sehingga setelah pihaknya menerima usulan dari pihak terkait, maka dana tersebut siap digelontorkan. Terlebih lagi kondisi jalan tersebut merupakan akses menuju komplek perkantoran pemda Bengkulu Selatan dan rumah sakit dan sangat mendesak untuk diperbaiki. “Memang kondisinya sangat mendesak, sejak amblas, kendaraan harus antri saat melintas,” terangnya.

Yadi (46) warga setempat mengatakan, kondisi badan jalan tersebut sangat memprihatinkan. Sebab sejak badan jalan ambras akibat dihantam sungai air sarak yang meluap lantaran hujan deras beberapa waktu lalu, dirinya khawatir, jika tidak segera diperbaiki, badan jalan yang amblas akan bertambah, hingga akhirnya bisa menyebabkan jembatan ikut ambruk

“Kalau lama dibiarkan rusak, saya khawatir, jika kembali hujan deras turun, badan jalan yang amblas akan semakin melebar dan bukan tidak mungkin jembatan akan ikut ambruk,” ujar Yadi.

Kepala Dinas PUPR Bengkulu Selatan, Ir Silistero mengatakan, dana untuk perbaikan badan jalan dan jembatan tersebut diusulkan melalui dana BTT. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp 400 juta. Saat ini usulan sudah disampaikan ke Pemda Bengkulu Selatan. Dirinya berharap, dana segera disalurkan, sehingga perbaikan jembatan segera dimulai. “Usulan sudah kami naikan ke pemda Bengkulu Selatan, mungkin saja saat ini sedang proses, mudah-mudahan perbaikan jalan dan jembatan tersebut dapat segera dilakukan,” ujar Silus. (369)