Rehab Jalan, BPBD Provinsi Kucurkan Rp 15 Miliar ke Benteng

Kalak BPBD Benteng, Samsul Bahri SPd MM

BENTENG,bengkuluekspress.com – Kerusakan jalan provinsi di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akibat bencana alam beberapa tahun lalu akhirnya direspon.
Ditahun 2021 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu telah menganggarkan dana kurang lebih sebesar Rp 15 miliar untuk kegiatan rehab dan rekonstruksi pembangunan ruas jalan provinsi tersebut.
“Alhamdulillah, usulan kami tentang perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat bencana banjir 2 tahun lalu ditanggapi oleh BPBD Provinsi. Ditahun ini, perbaikan mulai dikerjakan,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Benteng, Samsul Bahri SPd MM.

Akibat diterjang arus sungai yang meluap pada April 2019 silam, beber Samsul, ruas jalan provinsi banyak yang amblas dan mengalami longsor. Akibatnya, akses jalan masyarakat dari Desa Susup, Kecamatan Merigi Sakti menuju PLTA Musi, Kabupaten Kepahiang menjadi terganggu.
Sembari menunggu perbaikan, warga setempat tak hanya berdiam diri. Namun, melakukan gotong royong pembangunan jembatan dan jalan darurat yang meliwati lahan perkebunan milik warga. Betapa tidak, akses jalan tersebut merupakan alternatif terdekat untuk membawa atau menjual hasil pertanian seperti sayuran dan buah-buahan.
“Selain perbaikan jalan, anggaran tersebut juga direalisasikan untuk pembuatan pelapis tebing di tepi jalan yang curam. Ini merupakan langkah antisipasi mencegah terjadinya bencana longsor yang dapat membuat lalu lintas menjadi terputus ataupun mengancam pengendara yang sedang melintas,” terang Samsul.(135)