Rebus Ayam, Dapur Hangus

ASRI/BE
HANGUS: Dapur warga hangus akibat dilalap sijago merah, Rabu (31/3). 

KOTA MANNA, BE – Nasib sial dialami Entin Suprantin (62), warga Gang Seroja, Kelurahan Kota Medan, Kota Manna. Dapur tempatnya merebus ayam ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun korban mengalami kerugian lebih dari Rp 20 juta.

Tarmizi (50) tetangga korban yang juga merupakan orang tua dari mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUDHD) Manna BS, dr Rika Purnama Sari menuturkan, peristiwa terbakarnya dapur korban tersebut terjadi Rabu (31/3) sekitar pukul 11.20 WIB.

Diceritakan Tarmizi, kejadian tersebut berawal, seperti biasanya korban yang punya usaha katering kue atau makanan Rabu pagi merebus ayam menggunakan kayu bakar di dapur. Sesudah menyiapkan katering, Entin Suprantin berberes ke depan rumah, sambil menunggu penjemput katering. Tidak lama kemudian api muncul di bagian dapur. Kemudian, korban langsung meminta pertolongan warga sekitar dan langsung menghubungi petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran (PBK) BS.

Sumber api diperkirakan berasal dari bekas tungku untuk merebus ayam yang menjalar sampai ke seluruh bagian dapur. Api berhasil dipadamkan menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan dibantu oleh masyarakat sekitar. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.40 WIB.

“Kami tahu api sudah membesar. Beruntung mobil pemadam kebakaran cepat tiba sehingga cepat dipadamkan sebelum menjalar Ke tempat lain,” ujar Tarmizi.

Kapolres BS AKBP Deddy Nata SIK melalui Kapolsek Kota Manna Iptu M Rifai mengatakan, dari laporan api diduga berasal dari kayu bakar bekas korban merebus ayam. Untuk itu, dirinya mengimbau warga,agar waspada dalam menggunakan api. Pastikan api sudah padam sebelum ditinggalkan.

“Kepada warga saya imbau agar selalu waspada, agar tidak ada lagi korban berikutnya yang kebakaran disebabkan kayu bakar sisa bekas masak,” ujar Rifai. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*