Reboisasi Hutan Rp 1,3 M

imagesBINTUHAN, BE –  Kementerian Kehutanan memberikan bantuan  program pembibitan tanaman  untuk penyelenggaraan reboisasi hutan  dan penghijauan lahan desa. Total anggaran yang termasuk dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,3 miliar.  Rencanya akan dilakukan penghijuan dilokasi hutan desa kawasan  Hutan Produksi Terbatas (HPT). “Memang anggaran tersebut lebih besar dibanding tahun lalu hanya Rp 1 miliar, dengan penambahan dana tersebut  lokasi hutan akan tetap terjaga,” ujar Kadishutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu melalui Kabid Reboisasi Hutan  (RH), Dirlan SSos, kemarin.

Dikatakanya, total anggaran tersebut akan dibagi dalam 2 kelompok kegiatan utama. antara lain  reboisasi dan penghijauan lahan kawasan HPT Bukit Kumbang  Rp 774 juta dan penghijauan lahan desa di Kecamatan Maje Rp 580 juta.

Reboisasi dan penghijauan itu dilakukan terhadap kawasan  HPT yang sudah rusak akibat kegiatan ilegal logging. Diketahuinya disana ada terdapat 4 blok kawasan HPT  bakal  dilakukan reboisasi. Selain itu, terdapat 3 desa di Kecamatan Maje, akan dihijaukan kembali.  “Sasaran reboisasi dan penghijauan yakni daerah gundul yang merupakan kawasan resapan air serta cukup berisiko  terjadi longsor,” jelasnya.

Dirlan mengatakan,  kawasan HPT pada tahun ini merupakan lanjutan dari tahun 2012.  HPT  direboisasi tersebut di luar kawasan HPT yang dikelola dalam sistem Hutan Tanam Rakyat (HTR).  Sedangkan pelaksanaan untuk tahun ini akan dilakukan pada bulan April mendatang, karena saat ini pihaknya masih  melakukan pendataan kelompok.

“Proses pembibitan kita serahkan kepada pihak ketiga, kemudian dari pihak ketiga  nantinya akan merekrut beberapa kelompok untuk penanamanya,” jelasnya.(823)