Realisasi Kopi Sambung Seratus Persen

Doni/Bengkulu Ekspress
RAPAT KERJA: Kemarin (6/2), Komisi II DPRD Kepahiang melakukan rapat kerja dengan Dinas Pertanian yang membahas realisasi kopi sambung 2018.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Realisasi kegiatan peremajaan sebanyak 700 ribu pohon kopi dengan cara distek sambung dahan diberikan kepada 86 kelompok tani (Poktan) dengan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar tahun 2018 seratus persen. Laporan tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP dalam rapat kerja bersama Komisi II DPRD Kabupaten Kepahiang, Rabu (6/2).

“Dari laporan Kadis Pertanian realisasinya 100 persen, pengerjaan terlaksana semua,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Kepahiang, Drs Ahmad Rizal MM.



Ahmad Rizal menegaskan, pihaknya yakin jika penyerapan anggaran kopi sambung benar-benar dilaksanakan sesuai dengan target sasaran. Karena, Dinas Pertanian mendapatkan pendampingi TP4D Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang dalam melaksanakan program pertanian andalan Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU tersebut.  “Kegiatan melibatkan TP4D, jadi kita yakin ini benar-benar teralisasi karena TP4D ikut verifikasi.

Bahkan pelaksanaan kegiatan sempat terlambat karena memenuhi syarat yang diminta TP4D,” ungkap Ahmad Rizal.  Ia mengatakan, adanya aspirasi masyarakat di lapangan jika mengharapkan kopi sambung batang, bukan sambung dahan seperti yang dilaksanakan Dinas Pertanian dua tahun terakhir.

“Namun ada kendala disertifikasi bibit, sebab ada saran dari kementerian juga untuk bibit sambung batang varietasnya belum ada. Jadi 2019 kita fokus untuk mendorong stek sambung batang,” tuturnya.

Komisi II DPRD juga belum ada agenda untuk melakukan peninjauan lapangan terhadap lahan perkebunan warga penerima porgram kopi sambung yang berjalan 2017 dan 2018 tersebut.  “Ya, tidak menutup kemungkinan kita cek di lapangan 2018. Dalam rapat kerja belum ada penentuan agenda pengecekan di lapangan. Tugas Komisi II, tetap akan cek ke lapangan melihat kenyataan,” tutur Ahmad Rizal. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*