Realisasi DAK Disdik Kota Bengkulu 80 Persen

Sekretaris Disdik Kota Bengkulu Nopri W Aksa

BENGKULU, BE – Pegerjaan perbaikan dan renovasi fisik sekolah menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) segera tuntas. Sejauh ini pembangunanya sudah mencapai 80 persen. Targetnya akhir bulan ini juga semua pembangunan dari DAK tersebut tuntas 100 persen.

“Saat ini pengerjaan fisik sudah 80 persen, kita targetkan akhir November sudah tuntas,” terang Sekretaris Disdik Kota Bengkulu Nopri W Aksa pada BE Senin (2/11).

Pada 2020 ini Disdik menerima pagu anggaran DAK APBN sebesar Rp 13,6 miliar. Dana tersebut digunakan untuk merenovasi, merehab dan pembuatan jamban, sanitasi, serta pengadaan perangkat komputer.

“Ada 55 sekolah yang direhab dan direnovasi, rinciannya 30 SD dan 25 SMP. Perbaikan atau renovasi sarana dan prasarana sekolah rehab jamban, rehab ruang kelas, rehab ruang guru, pembangunan perpustakaan, laboratorium,” jelasnya.

Dari dana Rp 13,6 miliar tidak semua dibuat untuk pembangunan fisik, didalam anggaran tersebut sekitar Rp 3 miliar digunakan untuk pengadaan alat asesmen kompetensi minimum dan survey karakter sebagai pengganti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Diprogram asesmen kompetensi tersebut, ada empat sekolah yang berhak mendapatkan bantuan perangkat komputer, diantaranya SMPN 15, SMPN 12 dan SMPN 14.

“Pengadaan perangkat komputer harus melalui lelang, karena tahap satu batal, sekarang ditenderkan lagi,” imbuhnya.

Pelaksanaan pengerjaan pembangunan DAK dimulai pada Agustus lalu. Dana DAK dicairkan secara bertahap. Dana tahap I ini sudah transfer di sekolah, ditandai dengan dilakukannya pelaksanaan titik nol dalam tiga empat hari kedepan. Jika pelaksanaan titik nol telah dilakukan, maka segera diajukan ke KPPN untuk pencairan anggaran yang 45 persen dan saat ini seluruh pencairan sudah dilakukan.

“Seluruh anggaran sudah kita transfer, harapannya pada akhir November pengerjaan finish, disertai dengan pelaporan administrasi,” tutupnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*