Re Akreditasi Puskesmas Digelar Akhir Tahun

Jajaran pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) dan jajarannya foto bersama usai pelaksanaan rapat evaluasi.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang memprediksi pelaksanaan re Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) diselenggarakan akhir tahun.

Karena di tahun ini ada beberapa Puskesmas yang mendapatkan bantuan penambahan ruang inap yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Yang jelas untuk re Akreditasi itu setelah selesai pembangunan, mungkin diakhir tahun, karena tahun ini ada dua Puskesmas yang mendapatkan bantuan anggaran penambahan ruang rawat inap, yakni Puskesmas Ujan Mas, Keban Agung dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar lebih,” ujar Kepala Dinkes Kepahiang, Tajri Fauzan SKm MKm.

Dikatakan Tajri, bahwa alasan diundurnya re Akreditasi tersebut karena gedung Puskesmas menjadi salah satu indikator penilaian dalam re Akreditasi.”Seharusnya di bulan April, tetapi pekerjaan pembangunan itu baru dimulai sekitar bulan Mei, makanya kita tunggu hingga pembangunan selesai baru dilaksanakan Re Akreditasi karena gedung ini menjadi salah satu indikator penilaian, ” ungkap Tajri.

Ditambahkan Tajri, bahwa saat ini pihaknya telah mulai melakukan pendampingan ke setiap Puskesmas yang akan mengikuti re Akreditasi, baik dari sisi pelaksanaan program maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Kita sudah mulai lakukan pendampingan, terutama terkait indikator penilaian dengan harapan Puskesmas yang mengikuti re Akreditasi tahun ini dapat meningkatkan Akreditasinya,” sampai Tajri.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tebat Karai, Yuniarti SKm mengatakan, walaupun di tahun ini pihaknya belum mendapatkan bantuan pembangunan pihaknya optimis dapat meraih Akreditasi paripurna.”Ya, kita tetap optimis bisa mencapai paripurna dengan memaksimalkan indikator penilaian seperti memberikan pelayanan prima sesuai SOP terus melengkapi administrasi dokumen serta menjalankan program secara maksimal, ” pungkasnya. (320)