Razia Ternak Hingga Ke Desa-Desa

ASRI/Bengkulu Ekspress RAZIA: Anggota Satpol PP saat menggelar razia ternak yang berkeliaran hingga ke jalan raya yang tidak hanya dalam kota namun hingga ke desa-desa, Senin (27/5).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkulu Selatan (BS) gencar menggelar razia ternak yang berkeliaran di jalan raya. Hasilnya ada belasan sapi dan kambing berhasil ditangkap. “ Hari ini (kemarin red), kami merazia ternak yang berkeliaran di jalan raya,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan damkar BS, Ir Susmanto MM melalui sekretarisnya,Adin Khairo SH.

Adin mengatakan, razia ternak tersebut tidak hanya dipusatkan dalam wilayah Kota Manna. Namun anggotanya menggelar razia hingga ke desa- desa . Adapun lokasi razia yakni mulai di wilayah Kota Manna, Pasar Manna, Bunga Mas, Pino Raya dan Pino. Ternak yang berkeliaran di jalan raya langsung ditangkap dan dibawah ke kantor Satpol PP.“ Jika ada ternak yang berkeliaran langsung kami tangkap,” ujarnya.

Adin menjelaskan, selain menangkap ternak yang berkeliaran tersebut, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada warga, agar tidak melepas ternaknya. Terlebih lagi saat ini setiap desa sudah memiliki peraturan desa tentang penertiban hewan ternak. Sehingga jika masih ada yang berkeliaran akan langsung ditangkap dan pemiliknya wajib membayar denda . “ Kami juga bersosialisasi agar semua ternak wajib dikandangkan,” imbuhnya.

Adin menambahkan, dengan adanya razia tersebut, dirinya berharap ke depan para peternak dapat mengkandangkan ternaknya. Sebab, jika berkeliaran selain merusak tanaman warga, juga dapat memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya. Bahkan kotoran sapi yang berserakan di jalan raya juga mengganggu pemandangan warga.
“ Semoga dengan adanya razia ini, ke depan warga makin sadar untuk selalu mengkandangkan ternaknya,” harap Adin. (369)