Ratusan UKM dan IKM Kaur Butuh Pembinaan

Agusman Effendi SE

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Prindustrian Perdangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Kaur mencatat saat ini ada tujuh ratus lebih Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Kaur. Dari jumlah itu saat ini mereka membuhutuhkan pembinaan untuk usahanya masing-masing.

“Sayangnya tahun ini kita belum bisa membantu lantaran terbatas-nya anggaran yang ada,” kata Kepala Disperindagkop UKM Kaur Agusman Efendi SE MM kemarin (2/9).

Dikatakannya, pihaknya tetap akan mengupayakan agar ke depannya para pelaku UKM dan IKM tersebut dapat mandiri dan terus berkembang. Sehingga dimasa mendatang usahanya terus bertahan dan bisa menjadi usaha andalan. Dari tujuh ratusan UKM, IKM itu usahanya berpariasi, mulai dari usaha meubel, kerajinan tangan hingga usaha pengolahan keripik dan lain sebagainya. Selama ini beberapa tahun yang lalu para pelaku UKM dan IKM sering diberikan pelatihan oleh pemerintah diharapkan para pelaku usaha itu kedepannya dapat berkembang menjadi usaha yang lebih baik.

“Kita berharap kedepannya ada kucuran dana dari kementerian untuk dapat memberikan kucuran modal bergilir namun kita belum bisa pastikan hal ini,” terangnya.

Ditambahkannya, sampai saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan untuk memastikan usaha yang sudah terdaftar sebelumnya benar-benar efektif. Selain itu juga mendata usaha yang baru sehingga nantinya bila diminta oleh pihak kementerian atau Dinas Provinsi data tersebut sebagai acuan bila ingin melakukan pembinaan ataupun menyalurkan program pemerintah yang lainnya.

“Pendataannya saat ini sedang berlangsung kita belum bisa pastikan dari ratusan ini berapa banyak yang tidak aktif lagi,” tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*