Ratusan Surat Suara Pilkada Bengkulu Selatan Rusak

Ketua KPU BS Alpin Samsen SPt

KOTA MANNA, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS), telah selesai menyusun dan melipat surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, serta Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan. Dari hasil perekapan surat suara tersebut, ditemukan ada ratusan surat suara rusak.

“Total jumlah surat suara yang rusak sebanyak 145 lembar,” kata Ketua KPU BS Alpin Samsen SPt kepada BE Senin (1/12).

Dikatakan Alpin, rinciannya 68 surat suara untuk Pilbup BS yang rusak dan 77 surat suara untuk pilgub yang rusak. Tidak hanya itu, dari hasil perekapan surat suara pilbup. Dengan jumlah surat suara yang diterima sebanyak 120.685 lembar.  Dari jumlah itu surat suara yang kondisinya baik sebanyak 120.173 lembar. Sedangkan, surat suara yang rusak sebanyak 68 lembar dan untuk surat suara yang kurang sebanyak 317 lembar. Kekurangan surat suara yang akan diusulkan secara keseluruhan sebanyak 385 lembar. Kemudian, untuk hasil perekapan surat suara pilgub jumlah yang diterima sebanyak 120.685 lembar, surat suara yang baik sebanyak 120.567 lembar. Sedangkan, surat suara yang rusak sebanyak 406 lembar dan untuk surat suara yang kurang sebanyak 77 lembar sehingga kekurangan surat suara yang akan diusulkan secara keseluruhan sebanyak 483 lembar .

“Jumlah kekurangan surat suara kita sampaikan ke KPU RI untuk kemudian ditambah,” ujar Alpin.

Dijelaskan Alpin, setelah dilipat surat suara lalu dimasukan ke kotak suara sesuai dengan jumlah kebutuhan masing-masing tempat pemungutan suara(TPS). Setelah itu pada 7 Desember, bersama dengan logistik lainnya dititip ke Mapolres BS. Lalu, pada 8 Desember didistribusikan ke masing-masing TPS di BS. Adapun jumlah TPS di BS sebanyak 391 titik.

“Pada 8 Desember nanti, logistik Pilkada akan kami distribusikan ke 391 TPS se BS,” demikian Alpin.(369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*