Ratusan Siswa TK, Meriahkan Karnaval

IRUL/Bengkulu Ekspress KARNAVAL: Para siswa dan orang tua tingkat TK saat mengikuti karnaval peringatan hari Kartini yang digelar IGTKI di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Senin (22/4).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Kaur menggelar karnaval yang ikuti tarusan ibu dan anak tingkat TK se-Kabupaten Kaur, Senin (22/4). Karnaval dimulai dari Lapangan Merdeka Kota Bintuhan dan berakhir di depan Masjid Al-Kahfi Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan itu berjalan meriah.

“Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini, dan melalui momen hari kartini dan semua ibu guru mendukung kegiatan ini, kami laksanakan selalu,” kata Ketua IGTKI Kaur Titin Sumarni kepada Bengkulu Ekspress kemarin (22/4).

Dikatakan Titin, karnaval ini diikuti kurang lebih 200 orang yang meliputi anak dan orangtua yang mendampingi. Karnaval ini tujuannya untuk memberi pembelajaran kepada anak usia dini tentang sejarah dan budaya Indonesia. Juga kegitan ini untuk mengedukasi anak-anak TK, sebab perjuangan dan semangat Kartini harus terus ditanamkan dalam diri anak anak, agar mereka tidak lupa siapa dan bagaimana jasa pahlawan mereka. Sebab, seperti ini bisa memperkenalkan anak-anak akan perjuangan sosok pahlawan perempuan R.A. Kartini.

“Harapannya, dapat menumbuhkan kecintaan dan meneladani jiwa kepahlawanan dalam diri anak-anak sejak dini. Karena, sudah seharusnya anak-anak ikut serta dalam peringatan hari-hari besar negara. Sehingga mereka akan mengetahui makna dan arti perjuangan bangsa sekaligus menumbuhkan rasa patriotisme mereka sejak dini,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga mengajak para guru, tenaga pendidik dan orang tua untuk terus membimbing dan membina anak-anaknya dalam menyongsong masa depan. Terutama, dalam mengasuh dan membina serta memberikan rasa aman, nyaman dan perlindungan terhadap anaknya. “Melalui karnaval ini, anak-anak dapat belajar berpartisipasi dengan beragam pakaian yang mereka kenakan. Ini merupakan gambaran peran yang akan mereka bawakan kelak saat dewasa nanti. Sehingga, akan tertanam dalam batin anak-anak tentang gambaran dan cita-cita mereka di kemudian hari,” tandasnya.



Sementara itu, Kabid PAUD dan Bidang Pendidikan non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur, Gusti Arsyah SPd yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan, kegiatan pawai hari Kartini hanya salah satu cara untuk memperingati kelahiran pahlawan emansipasi wanita tersebut. Kegiatan tersebut merupakan hal yang positif karena anak-anak usia TK bisa mengenal pahlawan Kartini. “Guru memberi pemahaman tentang pahlawan Kartini yang memperjuangkan kesejajaran derajat kaum wanita dan pria dan menjadi semangat untuk belajar. Dengan semgat Kartini ini kita tingkatkan kualitas dan kreatifitas guru dan murid TK yang ada di Kaur ini,” jelasnya.(618)