Ratusan Siswa RA Belajar Haji

SELEBAR, BE–  Sedikitnya 614 siswa dari 30  Raudhatul Anfal (RA)  Se-kota Bengkulu kemarin mengikuti pelatihan manasik haji. Kegiatan ini digelar di Asrama Haji,  berlangsung selama 2 jam dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Ketua Panitia Pelaksana, juga selaku Ketua Kerja Kepala Raudhatul Anfal (K3RA) kota Bengkulu, Lirwana Sp menuturkan, peserta manasik haji terdiri dari 24 RA dan 4 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

”Digelarnya latihan manasik haji ini  untuk mengenalkan haji  kepada anak sejak dini. Juga sebagai ajang silahturahmi antar walimurid,” ujar Lirwana.

Dibeberkan Lirwana, pembelajaran manasik haji itu tidak bisa hanya sevcara lisan. Namun harus langsung dipraktikkan. Pendidikan semacam ini perlu dikenalkan sejak dini, sehingga anak mengetahui apa itu rukun  islam ke-5.

Kegiatan ini sudah menjadi program rutin tahunan di Raudhatul Anfal dan bersinergi dengan program kerja Ikatan Guru Raudhatul Anfal (IGRA).  Disini anak-anak bukan hanya diajarkan dalam segi intelegensia saja, tapi  juga dilatih spiritualnya. Mulai  hafalannya, hingga bagaimana kegiatan fisiknya.

Diharapkan dengan pembelajaran seperti ini anak paham bagaimana rangkaian haji, jika kelak mereka menunaikannya.
Sementara itu  Pimpinan Daerah Raudhatul Anfal Kota Bengkulu, Endah Sritati S.Pdi  sangat mendukung kegiatan ini. Karena kegiatan manasik haji ini membentuk karakter Islami pada anak usia dini.

Disisi lain, Pengawas Dispendik Nanik S  menuturkan  kegiatan   tersebut memiliki sentra makro ( bermain peran), dimana anak akan berimajinasi kalau dirinya seolah-olah berada di Makkah melaksanakan  ibadah haji,  “Konsep beribadah haji ini akan terkenang dalam memory anak. Ia bisa menjabarkan bagaimana pelaksanaan ibadah  haji itu, ” terangnya.

Pantauan BE dilapangan masing-masing RA  dibentuk sebagai kelompok terbang disesuaikan dengan nomor urut  1-30 kloter.

Anak-anak berjalan  dengan meriah dengan tangannya memegang pundak rekan yang ada didepanya. Anak-anak itu begitu antusias mengikuti setiap tahapan rukun haji. Kegiatan ini haji di dampingi para intruktur dari beberapa guru dan dipandu Ustad Siun Rohan dari Kanwil Kemenag Bengkulu.Layaknya orang dewasa satu persatu prosesi haji diikuti.

Seperti  wukuf di Arafah, kemudian setelah itu menuju ke Ka’bah untuk melakukan Thawaf dan dilanjutkan melakukan Sa’i.  (247)