Ratusan Sekolah Tak Miliki Sertifikat

Meskipun sekolah  yang menentukan kelulusan. Seluruh  peserta belum tentu diluluskan

TAIS, BE – Sebanyak 166 bagunan sekolah di kabupaten Seluma ternyata belum memiliki surat-surat kepemilikan resmi seperti sertifikat tanah. Bukti kepemilikan tanah hanya berstatus tanah hibah dan surat keterangan tanah (SKT) semata. Bahkan ratusan bangunan sekolah tersebut belum tercatat sebagai aset milik Pemerintah Daerah Seluma.

“Sejauh ini yang telah memproses sertifikat sekolah hanya 8 sekolah SMA/K, SMP 2 Sekolah dan SD Sebanyak 67 Sekolah yang telah memiliki sertifikat tanah dan sertifikat ini telah dititipkan ke bagian asset sebagai inventaris aset Seluma,” tegas Kabag Administrasi pemerintahan Sekretariat pemda Seluma Drs Eddy Soepriady MSi melalui Kasubag Otda dan Pemerintahan Jeffry Ramadoni MSi kepada BE kemarin (24/4).

Disampaikan Jeffy, sejauh ini masih terdapat sejumlah sekolah di lingkungan pemda Seluma yang tengah memproses pembuatan sertifikat Sekolah. Mengingat sekolah yang ditempati saat ini masih belum memiliki sertifikat tanah resmi dari BPN sebagai bukti kepemilikan tanah yang ditempati. Sejauh ini sejumlah sertifikat yang baru diselesaikan SD sebanyak 67 persil, SMA/K sebanyak 8 persil dan SMP sebanyak 2 unit termasuk perkantoran sebanyak 15 persil.

“Beberapa sekolah masih dalam proses. Sebagain besar sekolah yang tengah mengurus ini belum lengkat syarat untuk pembuatan sertifikat, seperti asal usul tanah,” sambungnya.

Bagi sejumlah sekolah yang hendak membuat sertifikat sekolah agar dapat mendatangi bagian pemerintahan di Sekretariat Pemda Seluma. Dengan membawa sejumlah dokumen asal usul tanah sekolah tersebut. Hanya saja, pembuatan sertifikat juga tidak langsung selesai. Mengingat tim juga akan melakukan pengecekan termasuk menelusuri ke lokasi sekolah.

“Jika lengkap maka tim akan mengukur ulang lahan sekolah dan memastikan fisik tanah untuk dikukur,” sambungnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui Kasubag Kepegawaian dan TU Binanto SPdi membenarkan, masih minimnya bangunan sekolah untuk membuat sertifikat. Sejauh ini masih mengantongi hibah lahan serta ber SKT saja, namun jika keseluruhan sekolah memang telah disurati untuk membuat sertifikat tanah yang ditempati. Dijelaskan, untuk saat ini keseluruhan sekolah di kabupaten Seluma berjumlah 243 Sekolah tersebar dari Sukaraja hingga Semidang Alas Maras(SAM). Dengan rincian SMA sebanyak 10 sekolah, SMK Sebanyak 5 Sekolah, SMP Sebanyak 48 Sekolah, SD 180 Sekolah.

“Secara bertahap sekolah akan membuat sertifikat tanah bangunan sebagai aset Pemda Kabupaten Seluma. Mengingat surat teguran telah disampaikan agar segera membuat Sertifikat sekolah,”tegasnya. (333)