Ratusan Sapi di Mukomuko Selesai Kawin Suntik

ilusterasi

MUKOMUKObengkuluekspress.com – Ratusan ekor induk sapi milik warga di Kabupaten Mukomuko selesai dilakukan program kawin suntik atau IB dan sudah ada yang melahirkan.
“Sebanyak 500 sapi dikawin suntik dan diantaranya sudah ada yang melahirkan serta bunting. Kecuali induk sapi yang
gagal reproduksi atau majer, dari Januari hingga saat ini jumlah sapi dilakukan program IB sebanyak 500 ekor sapi,” sampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertaniaan Kabupaten Mukomuko, Warsiman SPt.

Ia menyampaikan, program IB direncanakan bakal dilanjutkan, jika netrogen cair (N2) mencukupi. Meski pihaknya telah merealisasikan pencapaian target IB sebanyak 500 ekor. Namun pihaknya membutuhkan setidaknya 2.000 liter N2 cair untuk merampungkan program IB tersebut. Tahun ini ada pengadaan N2 cair sebanyak 2.000 liter yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU). Namun pengadaan tersebut belum bisa dijalankan. Sedangkan pelaksanaan IB terhadap ratusan induk sapi milik masyarakat tersebut, N2 cairnya didapat dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.
“N2 nya kita dapat dari provinsi, tetapi pendistribusiannya tidak sekaligus. Provinsi hanya memberikansebanyak 170 liter N2 cair setiap bulannya. Kami hanya berharap, proses pengadaan 2.000 liter N2 cair bisa cepat dilaksanakan. Sehingga induk sapi milik masyarakat yang belum, bisa cepat dilanjutkan program IB tersebut,” harapnya.(900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*