Ratusan Rumah Warga di Kota Bengkulu Terendam 

Foto IST/ BE – Curah hujan tinggi yang tak kunjung henti, pada Senin sore (23/11) mengakibatkan ratusan rumah warga di Kota Bengkulu terendam banjir.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Curah hujan tinggi yang tak kunjung henti, pada Senin sore (23/11) mengakibatkan ratusan rumah warga di Kota Bengkulu terendam banjir. Banjir yang menggenangi pemukiman warga hingga ketinggian dada orang dewasa.

“Kondisi air saat ini diluar rumah sudah sampai dada orang dewasa, kalau di dalam rumah sepinggang,” kata Awang Konaevi, salah satu warga Muhajirin Kelurahan Padang Nangka Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, Senin malam (23/11).

Awang mengatakan, saat ini di tempat tinggalnya sering terjadi banjir. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Saat ini sering banjir terlebih hujan yang dibarengi intensitas tinggi,” sesalnya.

Awang mengungkapkan, hal itu disebabkan kerena perkembangan pemukiman dibagian hulu yang semakin banyak. Juga budaya masyarakat yang membuang sampah masih tinggi.

“Lebih jelasnya, tidak ada konsep dan perencanaan yang jelas dari pemerintah kota maupun Pemda Provinsi yang berkaitan dengan tata ruang kota bengkulu,” ujarnya.

Selain itu Supratman, Ketua RT 3 Kelurahan Jalan Gedang, Kota Bengkulu mengaku akibat diguyur hujan lebat dan luapan sungai rumahnya dan rumah warga banyak yang ikut terendam.

“Karena hujan lebat, sehingga siring warga sudah tidak bisa nampung air. Akibatnya banjir yang melanda rumah warga,” ujar lelaki yang akrab disapa Iwan ini.

Ia mengungkapkan, sebagian warga telah mengungsi ke rumah keluarga ataupun warga yang ada disekitar yang tidak tergenang banjir.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu Edi Susanto mengatakan memang beberapa titik rumah warga di Kota Bengkulu terendam banjir.

Dirinya mengaku belum menerima laporan berapa jumlah total rumah yang tergenang banjir tersebut. Namun Tim TRC BPBD Provinsi Bengkulu langsung turun ke lapangan untuk membantu warga. (HBN)