Ratusan Rumah Kebanjiran

SEGINIM, BE – Gara-gara diguyur hujan lebih dari 1 jam kemarin, ratusan rumah warga di Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim terendam banjir. ¬†Beberapa warga yang rumahnya terendam banjir mengeluhkan keadaan tersebut. Dodi (38) warga Desa Darat Sawah mengatakan, kalau banjir tersebut sudah sering terjadi di desanya. Menurut Dodi jika banjir datang, ada ratusan rumah warga yang terendam.¬†“Kalau di desa kami ini, hujan setengah jam saja, sekitar 300 rumah pasti terendam,” katanya.

Menurutnya, penyebab banjir tersebut dikarenakan saluran pembuangan air dari irigasi Air Nipis. Sebab saat ini padi di sawah sekitar sudah hampir panen dan tidak membutuhkan air lagi. Dengan begitu, para petani menutup saluran irigasi ke daerah persawahan dengan mengalirkan airnya ke saluran pembuangan. Sehingga kalau hujan datang, saluran pembuangan tersebut meluap dan membanjiri rumah warga.
Ditambahkannya untuk kemarin saja diperkirakan hujan mengguyur desanya sekitar setengah jam lamanya, namun air sudah setinggi setengah meter. “Kalau hujan sampai 3 jam, tinggi air hingga satu meter dan pasti masuk ke dalam rumah,” tambahnya.¬†Senada dengannya, Irma (42) juga menambahkan kalau banjir tiba, seluruh warga selalu menaikkan barang yang ada di dalam rumah, sebab setiap hujan datang pasti desanya tersebut menjadi langganan banjir. Bahkan kata dia, pernah terjadi banjir datang pada malam hari di saat warga sedang tidur, sehingga tidak sempat meninggikan barang-barang seperti kasur, beras dan lainnya. Mereka baru tersadar ketika air sudah masuk kamar dan barang-barang tersebut sudah terendam air. “Kalau sudah banjir, barang kami terpaksa ditingikan ke atas dipan, itupun kalau kami sedang di rumah, jika tidak, pasti basah terendam, sedangkan jika sudah banjir untuk kembai normal setelah dua hingga tiga hari ke depannya,” ucapnya. (369)