Ratusan Rumah di Sumber Jaya Bakal Dibedah

 

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 170 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu akan dibedah oleh Pemerintah Kota Bengkulu tahun 2019 ini. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk mengurangi angka kemiskinan dengan cara memperbaiki kualitas hunian masyarakat.

Salah satunya melalui bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Dikatakan Kabid Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bengkulu, Agnes Fitriansyah, bantuan bedah rumah tersebut menyasar pemukiman kumuh. Berdasarkan SK Walikota Bengkulu, Kelurahan Sumber Jaya merupakan salah satu kawasan kumuh di Kota Bengkulu.

“Program bedah rumah tahun ini menyasar pemukiman kumuh di Kelurahan Sumber Jaya,” jelas Agnes.
Lebih lanjut Agnes mengatakan jika bantuan tersebut bersumber dari APBN. Satu kepala keluarga mendapatkan bantuan Rp 15 juta ditambah Rp 2,5 juta untuk biaya upah. Tentunya jumlah uang tersebut digunakan untuk merenovasi rumah.

“Satu kepala keluarga mendapat bantuan sekitar Rp 17 juta,” imbuh Agnes. Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi SE MM mengimbau kepada ASN lingkungan Pemkota Bengkulu untuk ikut berperan serta mensukseskan program bedah rumah tersebut. Caranya bisa membantu biaya atau membelikan material. Karena pogram bedah rumah tersebut masih menggunakan DAK dari Kementerian PUPR.

“Tidak ada salahnya ASN di Pemkot Bengkulu menyisihkan sedikit penghasilannya untuk membantu program ini. Bisa membantu dalam bentu dana atau membelikan material untuk membangun rumah,” pungkas Wawali.(167)