Ratusan Peserta, Ikuti Kontes Bonsai Nasional

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE membuka kontes bonsai skala nasional di plaza stadion Sawah Lebar yang ditandai pemotongan pita dan penancapan bendera, kemarin (13/3). Kegiatan yang diselenggarakan mulai dari 10-17 Maret ini dalam rangka memeriahkan HUT kota ke-300 tahun.

“Kita ingin mendatangkan orang-orang baik di Indonesia ke Kota Bengkulu kita ingin menyampaikan bahwa kita banyak kebaikan seperti bonsai kita tidak kalah dengan bonsai dunia,” kata Helmi Hasan.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Bengkulu mengapresiasi para seniman bonsai yang tetap mempertahankan kreatifitas dan terus menunjukkan eksistensinya dibidang seni. Helmi juga mengucapkan terima kasih karena kontes nasional ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat lokal maupun luar daerah, karena banyak peserta pameran ini berasal dari luar kota. Untuk kontes bonsai diikuti sebanyak 14 kabupaten/kota seperti Kota Bengkulu, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kepahiang, Kaur, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Pagar Alam, Palembang, Lubuk Linggau, Bandar Lampung, Metro, Liwa, dan Jambi.



” Terima kasih untuk partisipasi saudara dari beberapa kabupaten dan provinsi lain yang telah berpartisipasi dalam acara kontes bonsai ini,” tuturnya.

Untuk jumlah kontestan sebanyak 320 pohon bonsai yang terbagi dari tiga kategori yakni kelas Prospek sebanyak 194 pohon, kelas Regional 78 pohon, dan kelas Madya 48 pohon. Dalam hal ini Pemerintah kota menargetkan bahwa pelaksanaan kontes nasional ini akan lebih meriah lagi dan ditargetkan peserta yang lebih banyak lagi.  ” Tadi kita dengar ada bonsai yang nilainya Rp 150 juta bagi sebagian orang mungkin dinilai terlalu mahal, tetapi orang yang mencintai bonsai itu gak seberapa harganya. ” jelasnya.

Selain kontes bonsai juga digelar pameran batu akik seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Eddison bahwa khusus pameran batu akik diikuti sebanyak 10 provinsi. Di dalam pameran ini para seniman menampilkan batu-batu dengan motif terbaik dari semua jenis batu.  “Setelah penjurian kita besok kita langsung gelar bazar terbuka untuk umum, sehingga bagi masyarakat yang berminat baik membeli bonsai atau batu akik bisa datang ke Stadion Sawah Lebar, karena dibuka sampai tanggal 17 Maret mendatang,” tambah Eddison. (805)