Ratusan Personil Amankan Pemilu

Ichwan YunusMUKOMUKO, BE – Jajaran Polres Mukomuko, kemarin menggelar apel gabungan dalam rangka pengamanan Pemilu 2014 mendatang.  Dalam kegiatan itu, Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus selaku inspektur upacara sekaligus membaca amanat dari Kapolri.
Kapolres Mukomuko, AKBP Wisnu Widarto  SIK menyampaikan personil yang akan diturunkan dalam pengamanan Pemilu sebanyak 250 personil. “ khusus 250 personil dari Polisi. Dan, ada pula personil dari Satpol PP, Linmas, Dishubkom ,” ujarnya.
Setelah gelar pasukan dilakukan, lanjut Kapolres, sesegera mungkin dilakukan simulasi cara menghadapi massa dalam pengamanan Pemilu, yang direncanakan pada (27/2) mendatang. Pasalnya dalam pengamanan pemilu itu tidak hanya polisi saja, termasuk linmas, Satpol PP, dan petugas jalan raya (PJR) Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika juga ikut berperan.   Operasi mantap brata pada  H-3 kampanye dan berakhir setelah Pemilu presiden dan wakil presiden tahun ini.”  Saat ini berjalan operasi cipta kondisi, setelah mendekati tahapan Pemilu baru operasi mantap brata dan tahapan itu sama se Indonesia,”  bebernya.
Untuk pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) ada yang aman dan rawan.TPS yang aman cukup satu polisi empat TPS dan TPS rawan satu polisi dua TPS. Jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kekacauan saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS, oknum yang melakukan tindakan negatif itu akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlak dan sesuai  apa yang telah dilanggar oknum tersebut. “ Harapan kita tidak ada terjadi kekacauan atau pun lainnya. Jikalau ada, pasti ditindak sesuai dengan  hukum yang berlaku,” pungkas Kapolres. (900)