Ratusan Perempuan Ikuti Pemeriksaan IVA Gratis

Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong saat memberikan pengarahan dalam peluncuran program Sekundang Ite Senin (9/3) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Program pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Gratis yang dicanangkan oleh TP PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong mendapat sambutan dari masyarakat Rejang Lebong.

Hal tersebut terlihat dari ratusan perempuan mengikuti program.”Setidaknya ada 558 perempuan di Kabupaten Rejang Lebong yang mengikuti pemeriksaan IVA gratis hari ini,” sampai Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang Lebong Senin (9/3) kemarin.

Dijelaskan bunda sapan akrab istri dari Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi tersebut, pemeriksaan IVA gratis secara serentak di 21 Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong tersebut mereka kemas dengan program Sekundang Ite.

Sekundang Ite sendiri diambil dari bahasa daerah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong yang memiliki makna kita merangkul atau berjalan bersama.”Selain memiliki makna dari bahasa daerah kita, Sekundang Ite ini juga singkatan dari segera kunjungi datang untuk IVA test,” tambah bunda.

Program Sekundang Ite sendiri, mereka laksanakan setelah sebelumnya mereka mendapat masukan dari berbagai sumber.

Program tersebut menurut bunda sangat penting, karena menurutnya saat ini penyakit kangker salah satu pembunuh kaum perempuan di tanah air, bahkan menurut bunda kanker masuk dalam 80 persen penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian.

“Saat ini kanker serviks dan kanker payudara masih menjadi pembunuh utama kaum perempuan ditanah air, bahkan saat ini setiap 1 jam ada kematian yang disebabkan kedua penyakit ini,” papar bunda.

Karena tingginya angka kematian oleh kedua penyakit tersebut, maka menurut bunda perlu dilakukan pencegahan salah satunya melakui deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan IVA.

Perlunya kampanye pemeriksaan IVA ini, karena menurut bunda selama kurun waktu tahun 2015 sampao 2018 kemarin kesadaran wanita khususnya wanita subur untuk melakukan pemeriksaan masih minim.

Dari data yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, dari total wanita subur di Kabupaten Rejang Lebong hanya sekitar 8 sampai 13 persen saja yang melakukan pemeriksan.

Pemeriksaan IVA ini menurutnya sangat efektif untuk mencegah penyakit kanker serviks.Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM menyampaikan apresiasinya kepada TP PKK Kabupaten Rejang Lebong yang telah memotori program pemeriksaan IVA bertanjuk Sekundang Ite, karena menurutnya program tersebut sangat positif.

“Kegiatan ini sangat positif, karena pemeriksaan IVA ini sangat efektif dalam mencegah kanker serviks,” sampainya.

Disisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM mengungkapkan masalah kesehatan bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun menurutnya adalah tugas bersama.

Dimana menurut Sekda salah satu cara yang paling efektif dalam membantu program kesehatan yaitu sama-sama menjaga kesehatan.”Kita sama-sama menjaga kesehatan itu jauh lebih penting, karena bila kita semuanya tidak menjaga kesehatan, kemudian banyak masyarakat kita yang sakit, maka 21 Puskesmas yang ada di Rejang Lebong ini tidak cukup untuk melayani, sehingga penting kita menjaga kesehatan,” sampai Sekda.(251)