Ratusan Penyelenggara Pemilu Dilantik

Para penyelenggara Pemilu di Kabupaten Mukomuko saat melakukan foto bersama KPU dan FKPD, usai dilakukan pelantikan, kemarin (6/3).
Para penyelenggara Pemilu di Kabupaten Mukomuko saat melakukan foto bersama KPU dan FKPD, usai dilakukan pelantikan, kemarin (6/3).

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kemarin (6/3), ratusan penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa di Kabupaten Mukomuko, dilantik. Awalnya, KPU melantik anggota PPK dengan jumlah 45 orang atau 3 orang untuk satu kecamatan. Dilanjutkan pada sore harinya pelantikan sebanyak 453 PPS atau dari 151 desa/kelurahan masing-masing sebanyak 3 PPS. Ketua KPUD Mukomuko, Dawud menyampaikan, ratusan penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa telah resmi menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu. Tujuannya, secara bersama untuk membantu KPUD dalam menjalankan tugas dan fungsi (Tupoksi) sebagai penyelenggara Pemilu.

“Penyelenggara di tingkat desa dalam hal ini PPS dan di tingkat kecamatan PPK sama-sama sebagai penyelenggara Pemilu untuk menjalankan tupoksinya masing-masing,”ujarnya.

Penyelenggara Pemilu diingatkan agar tetap menjaga independensinya. Sehingga dalam penyelenggaraan pesta demokrasi benar-benar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif serta berdasarkan aturan yang berlaku. Ia juga menyampaikan, dari ratusan penyelenggara Pemilu yang telah dilantik tersebut, dan jika dikemudian hari ditemukan maupun ada laporan indikasi pelanggaran. Maka oknum penyelenggara Pemilu tersebut dapat diberhentikan berdasarkan bukti-bukti yang ada.

“Jika ada indikasi pelanggaran yang dilakukan PPK maupun PPS, pasti kami tindak lanjuti dan ditelusuri. Jika oknum PPK dan PPS terbukti menyalahi aturan, dipastikan ditindak tegas. Seperti, akan diberhentikan sebagai penyelenggara Pemilu,”tegas Dawud. (900)