Ratusan Penerima PKH Kaur Bakal Dicoret

Sidarmin Tetap

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Kementerian Sosial (Kemensos) memastikan dalam waktu dekat akan melakukan pencoretan ratusan penerima kucuran dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2021 di Kabupaten Kaur. Sebab dari jumlah penerima PKH di Kabupaten Kaur yang jumlahnya ribuan itu, beberapa diantaranya sudah terkategori tak layak lagi menerima bantuan. Mulai dari sudah mampu secara ekonomi, hingga tak lagi memenuhi kriteria syarat penerima PKH.

“Ada beberapa usulan yang kita minta dilakukan perubahan, ada juga yang diminta dilakukan pencoretan,” kata Kepala Dinsos Kaur, H Sidarmin Tetap MPd.

Dikatakan Sidarmin, penerima bantuan ini banyak yang tidak tepat sasaran atau berubah data, sehingga perlu dilakukan perubahan data dan pergeseran penerima bantuan. Menurutnya, penerima PKH itu termasuk penerima yang masuk dalam kategori graduasi alamiah alias habis komponennya. Misalnya salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan yakni masih ada tanggungan anak sekolah dan lain sebagainya.

“Jadi ini perlu dilakukan perbaikan data. Yang sudah tak masuk dalam komponen lagi, kita coret dan tentunya nanti ada penerima baru yang masuk dalam kategori,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini penerima PKH di Kabupaten Kaur sebanyak 6 ribu lebih, mereka menyebar di 15 kecamatan dan setiap kucuran PKH selalu mendapat kompensasi yang ditransper ke rekening masing-masing penerima PKH. Penerima PKH terbanyak di Kecamatan Nasal, sedangkan paling sedikit di Kecamatan Kaur Tengah.

“Untuk perubahan data ini akan diberlakukan nanti biasanya langsung ada pemutusan dana masuk kepenerima, sementara yang baru akan mendapatkan kartu ATM lengkap dengan buku tabungan,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*