Ratusan Pelanggan Tak Kebagian Air

pdam_air_keran
Foto : IST

PDAM Minta Warga Melapor

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kapasitas air baku PDAM Kota Bengkulu kian menipis, dan distribusi air ke pelanggan pun mulai terputus. “Di IPA Surabaya sempat terjadi drop, kami tidak bisa mengoperasikan 4 pompa, hanya bisa dioperasikan 2 pompa,” ujar Direktur PDAM Kota, H Sjobirin Hasan SE, kemarin (24/9).

Dijelaskannya, tidak turun hujan 3 bulan ini semakin memperparah kapasitas air baku. Sedangkan setiap menit air terus didistibusikan, baik ke pelanggan maupun droping secara gratis ke masyarakat. Meskipun nantinya akan turun hujan, namun membutuhkan proses untuk kembali menormalkan air sungai.

“Bahkan di IPA Nelas juga terjadi drop, sehingga kami membendung air agar kapasitas air baku mencukupi,” ungkapnya.

Dampaknya, ada beberapa wilayah di Kota Bengkulu yang tidak lagi bisa didistribusikam air. “Ketika produksi kami menurun, maka secara otomatis seperti di Sawah Lebar, Rawa Makmur, Betungan sangat rentan dengan gangguan,” jelas Sjobirin.



Beberapa kawasan tersebut berada pada jarak yang jauh dari pipa utama PDAM, sehingga ketika kapasitas air melemah maka aliran air tidak bisa mencapai ujung, dan dampaknya akan ada ratusan pelanggan di kawasan tersebut yang tidak bisa teraliri air bersih. “Untuk pelanggan yang terganggu 1×24 jam bisa menghubungi layanan kami untuk mendroping air gratis,” pungkasnya. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*