Ratusan Pelajar Terima Zakat dari Pemkot

BENGKULU, BE – Sebanyak 323 siswa kurang mampu mulai dari tingkat SD hingga SMA menerima bantuan zakat melalui Badan Amil Zakat Kota Bengkulu. Penyerahan langsung oleh Walilkota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH MH di Masjid Al- Barokah, Timur Indah, kemarin (21/6). Bantuan yang diberikan berupa bantuan alat sekolah, seperti tas dan sepatu yang diberikan kepada siswa kurang mampu di lingkungan Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.

“Salah satu tujuan membentuk Badan Amil Zakat yaitu untuk membantu orang- orang yang kurang mampu di lingkungan kita, dengan berzakat kita telah membantu banyak anak kurang mampu untuk bersekolah, anak- anak yang kurang mampu tidak perlu khawatir karena Pemerintah Kota Bengkulu telah mengalokasikan dana untuk menyekolahkan anak-anak kurang mampu,” kata walikota sesaat sebelum penyerahan bantuan tersebut.
Bang Ken juga berpesan kepada guru- guru agar melaporkan kepada pemerintah jika anak- anak yang kecerdasannya di atas rata- rata tapi tidak mampu untuk melanjutkan pendidikannnya ke jenjang yang lebih tinggi, karena Pemerintah Kota Bengkulu akan menyekolahkan anak-anak yang orang tuanya kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan hingga menjadi sarjana.
“Zakat ini diberikan kepada siswa yang kurang mampu, yang bertujuan untuk memotivasi agar semangat belajar siswa bertambah sehingga menjadi generasi yang bermartabat seperti yang kita harapkan dalam Bengkulu Kota Pelajar,” ungkap Plt Badan Amil Zakat Drs Nurdin M.
Adapun rincian sekolah yang siswanya menerima zakat yaitu SMAN 4 sebanyak 20 orang, SMK Al- Muhajirin sebanyak 10 orang, MA Darussalam sebanyak 10 orang, MTsN 1 sebanyak 20 orang, SMPN 6 sebanyak 23 orang, SMPN 14 sebanyak 20 orang, SMPN 21 sebanyak 20 orang, SDN 24 sebanyak 20 orang, SDN 41 sebanyak 20 orang, SDN 42 sebanyak 18 siswa, SDN 45 sebanyak 20 orang, SDN 60 sebanyak 20 orang, SDN 61 sebanyak 20 orang, SDN 73 sebanyak 20 orang, MI Al- Muhajirin sebanyak 10 orang, MI Darusslam sebanyak 10 orang, MI Nurul Huda sebanyak 10 orang dan Ponpes Pancasila sebanyak 10 orang.
Masih banyak lagi anak- anak kurang mampu yang rencananya akan diberikan bantuan zakat, untuk itu melalui pemberian bantuan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran kita untuk berzakat sekaligus membantu masyarakat kurang mampu di sekitar kita. Zakat yg diberikn pada siswa yang orang tuanya kurang mampu ini merupakan zakat dari Pegawai Negeri Sipil Kota Bengkulu yang diserahkan pada Badan Amil Zakat untuk disalurkan pada yang kurang mampu. Hadir dalam acara tersebut Asisten III Muryadi SH, Kepala BAZ lama (periode 2009-2012) Drs Sirman Dahwal SH MH, Camat Singaran Pati beserta jajaran, tokoh agama/masyarakat/adat di lingkungan Kec. Singaran Pati beserta guru pendamping dari setiap sekolah. (400/adv)

=Grafis=
Julah Pelajar Penerima Zakat Pemkot
Nama Sekolah Jumlah (Pelajar)
SMAN 4 20
SMK Al- Muhajirin 10
MA Darussalam 10
MTsN 1 20
SMPN 6 23
SMPN 14 20
SDN 42 18
SDN 45 20
SDN 60 20
SDN 61 20
SDN 73 20
MI Al- Muhajirin 10
MI Darusslam 10
MI Nurul Huda 10
Ponpes Pancasila 10
JUMLAH 323