Ratusan Orang Sudah Meninggal di Kota Bengkulu Masuk DPT

Martawansyah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Tahapan pencoklitan yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Kota Bengkulu sudah 70 persen rampung. Sejauh ini, PPDP mencatat ada sekitar 800 orang yang sudah meninggal yang masih masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Selain itu, juga ditemukan sebanyak 199 pemilih ganda.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan, jika data tersebut masih bersifat sementara. Pencoklitan yang dilakukan PPDP akan dilakukan hingga 13 Agustus mendatang hingga mendapat data final daftar pemilih di Pemilihan Gubernur pada Desember 2020 nanti.

“Data yang menjadi temuan ini kita coret, seperti data orang meninggal, pemilih ganda, belum cukup umur dan lainnya ini kita coret. Kita minta PPDP untuk memastikan, jangan sampai warga yang sudah meninggal masih terdata sebagai pemilih dalam Pilkada serentak Desember 2020 mendatang,” kata Martawansyah.

Penyusunan data pemilih sangat menentukan kualitas Pilkada serentak 2020. PPDP diminta benar-benar melakukan pencoklitan ke tiap rumah warga untuk mendapatkan data real pemilih. PPDP juga dituntut tak melakukan pendataan fiktif atau asal tebak untuk mendapatkan informasi mata pilih warga dan permasalahan yang membuat warga tak bisa berpartisipasi dalam pilkada karena permasalahan data domisili, KTP dan hal-hal lainnya. (Imn)