Ratusan Massa Demo KPU Provinsi Bengkulu

Ratusan Massa Demo KPU Provinsi Bengkulu Dalam Gladi SISPAMKOTA

Gladi SISPAMKOTA

Pemilu 2019

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Ratusan massa berdemo di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Senin (18/3). Hal itu dalam rangka Gladi Lapangan Sispamkota penanganan Kontijensi konflik sosial dalam rangka pengamanan pemilu 2019, di Wilayah hukum Polda Bengkulu.

Pelaksanaan Latihan gladi bersih Sispamkota Bengkulu tersebut, diatur sedemikian rupa per tahapannya sehingga pada hari H Pemilu, 17 April mendatang, masing-masing anggota polisi yang berutgas sudah tahu langkah yang harus dilakukan bila konflik pemilu terjadi.

Diasumsikan Kantor KPU yang didatangi massa pendukung caleng dan Timsus Pilpres 2019 yang tidak puas pada rekapitulasi perhitungan suara nantinya. Terjadi tindakan anarkis oleh massa sehingga dilaksanakan protap dan penggendalian massa sesuai dengan tahapannya.

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman mengatakan, gladi ini dilakukan agar perlu dilatihkan, agar personil memiliki gambaran, jika suatu saat terjadi situasi genting yang perlu penanganan lebih profesional, dengan mudah dapat dilakukan.

ā€œSispamkota ini digambarkan adanya ancaman dan gangguan Kamtibmas saat pelaksanaan Pemilu 2019 dilaksanakan. Saya berharap, Provinsi Bengkulu, nantinya tetap dalam kondisi kondusif. Jangan ada hal- tidak diinginkan terjadi saat hari H pemilu nantinya. Sejauh ini, dari hasil persiapan latihan sudah mendekati sempurna. Kami sudah beberapa kali menggelar latihan,” tutup Kapolda.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan sejumlah perlatan pengamanan utama. Seperti mobil brimob, Water Canon dan perlengkapan Polisi Huru-Hara (PHH), seperti tameng (tebeng), serta gas air mata.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Bengkulu beserta jajaran, Sekretaris Daerah provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Ketua KPUD Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S.Ag., MM, serta FKPD di lingkup Provinsi Bengkulu. (HBN)