Ratusan Kubik Sampah Per Hari

MUKOMUKO, BE – Volume sampah di belasan kecamatan di kabupaten Mukomuko, cukup tinggi. Ini dibuktikan dalam satu hari mencapai 221 kubik. “ Ratusan kubik sampah itu baru dihitung di 11 kecamatan. Belum ditambah dengan 4 kecamatan dan sampah dari perkebunan,” ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten, Apriansyah melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan, Aswandi.

Sampah – sampah itu nantinya bakal ditampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di satuan pemukiman Desa Selagan Jaya. Yang dalam waktu dekat jalan menuju ke TPA tersebut akan dilakukan perbaikan pengoralan jalan. Karena kondisi saat ini sulit di lalui, terutama jika turun hujan. “ Untuk kendala jalan masuk akan segera diperbaiki.

Yang akan dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum provinsi Bengkulu,” katanya. Sampah – sampah yang dibuang di TPA itu nantinya akan dipilah mana sampah yang dapat diolah kembali dan tidak. Tujuan dibangun TPA bukan untuk tempat pembuangan akhir saja. Tetapi sampah – sampah itu nantinya akan diolah kembali dan dijadikan suatu produk yang bermanfaat. Petugas kebersihan saat ini berjumlah 22 orang. Tidak menutup kemungkinan akan ditambah. Yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pun dengan sarana dan prasarana lainnya dalam menunjang kebersihan. “ Secara bertahap sarana diusulkan agar ditambah. Seperti container dan ambrol yang ditaruh di pasar – pasar tradisional agar lebih mudah untuk diangkut,” katanya. (900)