Ratusan KPM Dicoret

kpm ilustrasi
foto:ist

TAIS,Bengkulu Ekspress – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Seluma, mencoret keluarga penerima manfaat program bantuan Dinsos yang dinilai tak layak lagi menjadi KPM. Jumlah KPM yang dicoret sebanyak 200 KPM. Pencoretan itu hasil verifikasi Basis Data Terpadu (BDT) yang dilaksanakan Dinsos.

“KPM yang dicoret itu. Selain tidak masuk kriteria juga ditemukan KPM ganda dan sudah meninggal dunia, serta tidak berdomisili di desa yang tercantum didata lagi,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kab Seluma Ir Titik Sumila kepada Bengkulu Ekspress kemarin (28/8).

Pencoretan tersebut dilakukan terhitung Agustus ini. Pengganti KPM yang dicoret itu sedang diajukan ke Kementerian Sosial. Dengan pencoretan itu KPM di Kabupaten Seluma, menjadi 16.163 KPM. Dari jumlah sebelumnya 16.363 KPM. Perubahan data itu diberlakukan pada 2019. Tahun ini belum ada penambahan, tetap menggunakan data hasil pengurangan itu.

KPM menerima semua program Kemensos yang disalurkan melalui Dinsos Seluma. Berupa program beras Sejahtera (Rastra) serta program lainnya yang sifatnya bantuan secara gratis. Program untuk meningkatkan ekonomi dan taraf hidup KPM.

“Jadi dengan berkurangnya KPM ini, terutama yang KPM sudah meningkat taraf hidupnya. Merupakan sebuah keberhasilan program yang digulirkan Kemensos melalui Dinsos Seluma. Oleh karena itu kedepan, pendataan atau verifikasi BDT rutin dilakukan setiap tahun untuk mengetahui perkembangan ekonomi KPM penerima program Kemensos ini,” pungkasnya. (333)