Ratusan Jamkesmas Dikembalikan

MUKOMUKO, BE –¬† Jajaran Dinas Kesehatan telah melakukan pendataan dan perekapan penerima kartu jaminan kesehataan (Jamkesmas). Hasilnya, sebanyak 331 kartu Jamkesmas tidak tepat sasaran ditahan dan akan dikembalikan ke Kementerian Kesehatan. Ratusan kartu yang saat ini telah diamankan di Dinas Kesehatan¬† yakni sebanyak 145 kartu yang orangnya sudah meninggal dunia, 166 pindah alamat, 15 pegawai negeri sipil (PNS) dan 5 orang bukan kelompok miskin.

“Data penerima jamkesmas itu merupakan data sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 dan di update pada Juli 2011,” kata Plt Kadinkes , Sabrin SSos didampingi Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan, Khairul Saleh SKM.

Banyaknya kartu Jamkesmas yang tidak tepat sasaran itu lanjut Sabrin selain telah dilaporkan ke pemerintah, dalam waktu dekat Dinkes akan menggelar rapat koordinasi yang akan dipimpin Sekda Mukomuko.

Rapat itu dengan tujuan untuk mencari solusi apakah ratusan kartu Jamkesmas itu akan dilakukan penggantian nama orang yang berhak mendapatkannya atau tidak.”Diganti atau tidaknya akan dirapatkan terlebih dahulu yang akan di langsungkan pada Senin mendatang di ruang Sekda,” katanya.

Sabrin mengharapkan kedepannya pihak BPS melakukan koordinasi dengan jajarannya. Sehingga data program yang langsung untuk kepentingan masyarakat benar-benar valid. “Kita siap untuk membantu sehingga data tersebut akurat,” demikian Sabrin. (900)