Ratusan Guru Madrasah UK

BENGKULU, BE – Sedikitnya 212  guru Madrasah dibawah jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu  mengikuti  Pelaksanaan Uji Kompetensi (UK)  untuk awal sertifikasi guru.  UK yang diselenggarakan secara serentak se- Indonesia itu dipusatkan di MtsN 1 Kota Bengkulu.
Ratusan guru itu  meliputi 18  guru   Radhatul Anfal, 17 guru Fiqih, 10 guru  Guru  Aqidah Akhlak, 15  Al Quran dan Hadist,7 guru  Sejarah Kebudayaan Islam dan  7 guru Bahasa Arab, serta 138 guru kelas Madrasah Ibtidaiyah.
Kabid Madrasah, Hamdani menuturkan  pelaksanakan  UK di lakukan oleh pihak Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan IAIN Imam Bonjol, Padang, Sumatera  Barat.  ”Dari 212 guru itu, diketahui 4 peserta tidak hadir,  yakni 2 peserta  telah dinyatakan lulus sertifikasi namun masih terdata dan dua orang lagi dikarenakan sakit,” katanya.
Sementara itu, Koordinator LPTK IAIN Imam Bonjo,Prof.  Duski Samad  menuturkan Uji kompetensi awal ini untuk mengetahui tingkat kemampuan,  para guru  dapat mengerjakan soal sebanyak 100 butir, bobot soal inipun telah disamakan  standaranya dengan  nasional, meliputi  kemampuan mengajar (Pedagogik) dan kemampuan akademik. UK ini diselengarakan selama satu hari yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Sedangkan pelaksanaannya sendiri berjalan baik dan lancar yang diikuti sebanyak 208 orang guru Madrasah asal Bengkulu.
Selanjutnya, lembar jawaban langsung dibawa ke Sumbar untuk di koreksi lebih lanjut, hasil seleksi itu paling lambat akan di kirim ke Jakarta pada Senin (21/7),  semua guru akan dinyatakan lulus, hanya pembedanya pada tinggi dan rendahnya nilai, yang dapat dilihat saat pelaksanaan PLPG mendatang. Tindak lanjut dari kegiatan UK ini, mereka akan mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi guru untuk mengarah ke guru yang memiliki sertifikasi guna mendapatkan tunjangan sertifikasi. (247)