Ratusan Calon Pengantin Ditatar Nikah

pernikahan
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Salah satu upaya untuk meminimalisir kasus perceraian dini adalah memberikan bimbingan kepada sejumlah calon pengantin (Catin). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur melakukan pembinaan sebanyak 175 Catin untuk mengikuti program perkawinan dalam menjalani rumah tangga, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Kaur, Rabu kemarin (25/9).

“Kegiatan pra nikah ini merupakan angkatan satu dan ini kita gelar selama dua hari. Ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada Catin dalam menjalani bahtera rumah tangga nanti,” kata Kepala Kemenag Kaur, Drs H Zainal Abidin MH, kemarin, (25/9).



Dikatakannya, pelaksanaan bimbingan perkawinan untuk calon pengantin ini berdasarkan keputusan dari direktorat jenderal bimbingan masyarakat Islam nomor 379 tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin. Dimana tujuannya utama dari bimbingan perkawinan ini, karena melihat fenomena perkawinan yang ada di Indonesia khususnya di Kaur dewasa ini dari tahun ke tahun justru angka perceraian semakin meningkat.

“Kita berusaha agar pernikahan ini bisa berjalan dengan mulus sesuai dengan disunahkan oleh Rasulullah SAW, maka kita adakan bimbingan perkawinan bagi mereka yang sudah mendaftarkan diri ke KUA di setiap kecamatan,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pra nikah Catin kali ini diikuti sebanyak 175 peserta. Mereka diberikan bimbingan tentang bagaimana berumah-tangga yang baik. Agar setelah menikah pasangan suami-istri tersebut nanti bisa meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya, menjadi rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.

“Melalui kegiatan pra nikah ini kita berharap kepada Catin nanti jangan sampai malah terjadi perceraian lantaran hal sepele. Juga pra nikah ini mereka kita berikan gambaran tentang beruma tangga secara Islami,” jelasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*