Ratusan Ayam di Bengkulu Tengah Mati Diserang Flu Burung

Ket foto IST/BE FLU BURUNG : Warga saat menunjukan ayam peliharaannya yang diduga diserang virus flu burung.
Ket foto IST/BE FLU BURUNG : Warga saat menunjukan ayam peliharaannya yang diduga diserang virus flu burung.

MERIGI KELINDANG, BE – Warga Desa Bajak II, Kecamatan Merigi Kelindang, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendadak gempar. Ratusan ekor ayam peliharan warga setempat seketika sakit dan mengalami kelumpuhan hingga akhirnya mati (data selengkapnya lihat grafis,red). Ratusan ayam itu mati terindikasi disebabkan serangan virus flu burung.

Resah akan musibah yang menima ternak mereka, warga pun melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian dan petugas penyuluh lapangan (PPL) pada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

“Dari laporan yang disampaikan warga, serangan terhadap hewan ternak warga sudah berlangsung sejak sepekan (seminggu) terakhir,” kata Kapolsek Taba Penanjung, Iptu Radian Andy Pratomo SIK didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Anis Kartiko B saat dikonfirmasi BE Rabu malam (11/4/18).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh PPL, sambung Anis, diduga hewan ternak warga diserang oleh virus flu burung yang dapat menular kepada hewan ternak lainnya.

Menghindari meluasnya virus flu burung, jelas Anis, warga setempat langsung memberantas hewan ternak yang sakit tersebut, agar ayam yang masih ada tidak tertular virus flu burung pula.

“Dari pemeriksaan PPL, ayam yang sakit diindikasi terkena flu burung. Sebab itulah, kami mengharapkan agar masyarakat lebih waspada dan menjaga kebersihan kandang peliharan mereka masing-masing. Terkhusus kepada hewan yang telah terkena virus, masyarakat sudah memusnahkannya,” pungkas Anis.(135)

Grafis : Data lengkap jumlah ternak yang terkena flu burung

No Nama Warga Jumlah
1 Salna 10 ekor
2. Saina 15 ekor
3. Adi S 5 ekor
4. Amsa. M 20 ekor
5. Bastari 2. ekor
6. Aman 1 ekor
7. Bendi 25 ekor
8. Yadi. 5 ekor
9. Madi 5 ekor
10.Romi R 7 ekor
11. Rusna 5 ekor
12. Guruasan 4 ekor
13. Ansori 7 ekor
14. Basrin 5 ekor
15. Suhada. 4 ekor
16. Maya 1 ekor
17. Sujud 7 ekor
18.Muis 1 ekor
19. Karnadi 5 ekor
20. Musda 6 ekor.