Ratusan Atlet Terjun dari Kapal Perang

Bengkulu

Berenang, Bersepeda, dan Berlari Puluhan KM

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sejumlah jalan utama di Kota Bengkulu akan ditutup sementara lebih kurang 3 jam untuk digunakan para peserta berlomba di balap sepeda pada perlombaan Bengkulu Triathlon 2017 bertaraf Internasional, Sabtu (22/7) besok.

Triathlon merupakan perlombaan yang menggabungkan 3 unsur perlombaan, pertama para peserta akan berenang di laut Bengkulu sejauh 1,5 kilometer untuk kelas standar, dan lebih kurang 750 meter untuk kelas sprint. Awalnya mereka akan melompat dari Kapal Perang RI Jenis LPD (Landing Platform Dock) lalu berenang menuju bibir Pantai Malabero, di belakang Mess Pemda.

Selanjutnya, peserta akan bersepeda dari Bundaran Tugu Pers – Pantai Jakat – putar balik jembatan Pasar Bengkulu – kembali Pantai Jakat – bundaran Tugu Pers – Fort Marlborough – Mapolres Kota – BI – Masjid Jamik – Simpang 5 Suprapto – Simpang Skip Graha Pena Bengkulu Ekspress -Tanah Patah – Simpang Padang Harapan – Bundaran DPRD Prov – Balik kanan kembali ke Simpang Padang Harapan -Tanah Patah – Simpang Skip Graha Pena Bengkulu Ekspress – Simpang 5 Suprapto – Kediaman Ibu Fatmawati Soekarno -Pertigaan BIM – Masjid At Taqwa – Kediaman Bung Karno – Simpang 5 – Masjid Jamik – Unihaz – BI – Kediaman Gubernur – Tugu Thomas Parr – Bundaran Tugu Pers sepanjang 20 kilometer untuk peserta sprint.

Sementara untuk peserta standar, akan kembali mengulangi jalur yang sama hingga mencapai perjalanan sepanjang 40 kilometer, dimana dalam perlombaan sepeda membutuhkan waktu lebh kurang 3 jam.

Terakhir setelah mengayuh sepeda sepanjang 20 dan 40 kilometer, para peserta akan kembali berlari dari kawasan mess Pemda menuju sport center sebagai finish dari perlombaan dengan jarak 10 kilometer untuk standar dan 5 kilometer untuk sprint.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto, mengatakan, dalam pelaksanaan Triathlon 2017 di Kota Bengkulu pada hari Sabtu (22/7), ia sangat berharap kerjasamanya dari semua pihak. Karena jika perlombaan nantinya berjalan dengan lancar, maka bisa membuat nama Bengkulu terkenal baik nasional maupun Internasional.

“Untuk itu mohon maaf kepada masyarakat Bengkulu untuk jalannya terganggu beberapa saat pada saat perlombaan sepeda dan lari yang harus steril dari masyarakat yang melintas,” pintanya, kemarin (20/7).

Nantinya kawasan yang digunakan oleh para atlet sepeda untuk melintas, setiap simpang akan dijaga oleh pihak keamanan baik dari pihak kepolisian, TNI maupun Satpol PP. Sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. “Sekali lagi mohon kerjasama kepada semua masyarakat Bengkulu, untuk memperkenalkan Bengkulu dengan kegiatan yang baik dan positif,” ujarnya.(614)