Ratusan Atlet Sudah Mendaftar Bengkulu Run 2018

Agus PrayogoJuara 1 Hadiah Rp 20 Juta

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Event skala nasional Bengkulu Run 10 kilometer mendapat antusias dari masyarakat, tak hanya masyarakat lokal tetapi juga masyarakat dari beberapa daerah luar sudah mendaftar jadi peserta Bengkulu run 10 k ini yang saat ini jumlahnya sudah mencapai ratusan peserta.

Dikatakan Event Organizer Bengkulu Ekspress, Rahmat untuk peserta dari daerah luar masih didominasi oleh Jawa Timur, Tengah dan Barat, kemudian disusul oleh peserta dari Padang, Palembang, dan Pekan baru. Sedangkan lokal banyak didominasi oleh beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu. Para peserta ini mendaftar secara online di bengkulurun.com, pendaftaran ini akan terus dibuka hingga tanggal 23 Maret 2018. Sedangkan untuk warga Kota Bengkulu yang ingin mendaftar bisa mendatangi langsung Graha Pena Bengkulu Ekspress di jalan Jati Simpang Skip atau ke Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota di jalan Basuki Rahmat depan RSUD kota.

” Saat ini belum kita rekap lagi jumlahnya, tetapi sudah banyak atlet-atlet dari luar yang sudah mengkonfirmasi untuk keikutsertaannya dalam event bengkulu run 10 K,” kata Rahmat.

Event yang diselenggarakan dalam rangka Hut Bengkulu Ekspress ke-13 dan Hut Kota Bengkulu ke-299 ini, menawarkan total hadiah yang cukup besar yakni Rp 215 juta yang terbagi dari beberapa kategori dan juara. Hal ini membuat Run 10 K sangat diminati oleh masyarakat karena hadiah yang didapatkan cukup besar.

Untuk juara I pada kategori profesional akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta , juara II sebesar Rp 15 juta, juara III Rp 10 juta, juara IV Rp 5 juta, kemudian juara V sebesar Rp 4 juta, dan juara VI mendapatkan hadiah sebesar Rp 3,5 juta.

Sedangkan untuk juara I kategori umum/daerah mendapatkan hadiah sebesar Rp 7 juta, juara II Rp 6 juta, juara III Rp 4 juta, juara IV Rp 3 juta, juara V Rp2,5 juta dan juara VI Rp 1,5 juta. “Bengkulu Run 2018 terbagi dalam dua kategori jarak tempuh yakni 10K dan 5K. Bengkulu Run akan start dari kawasan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu pada tanggal 25 Maret,” ungkapnya.

Bengkulu run ini juga memberikan kesempatan bagi para pelajar SMA dan SMP dengan kategori jarak tempuh 5 kilometer. Dan hadiah yang ditawarkan pun juga cukup besar, seperti juara I mendapatkan hadiah Rp 4 juta, juara II Rp 3,5 juta, juara III Rp 3 juta, juara IV Rp 2 juta, juara V Rp 1,5 juta dan juara VI sebesar Rp 1 juta.

Rahmat menjelaskan, setelah masa pendaftaran ditutup maka seluruh peserta yang sudah terdaftar akan diberikan kostum serta nomor dada. Selain itu, agar sistem penilaian berjalan adil dan profesional maka pihaknya telah bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang akan menerjunkan puluhan wasit profesional dan menggunakan alat khusus penghitung waktu.

Menurutnya, event kali ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya, sebab event yang kedua kalinya diselenggarakan ini bermaksud untuk mengulang kesuksesan even Bengkulu Run pada 2017 lalu. Menurutnya, jumlah peserta akan terus bertambah, karena biasanya pendaftar akan ramai dihari-hari akhir penutupan.

” Untuk mendukung program kunjungan wisata Wonderful Bengkulu 2020, rute Bengkulu Run 2018 akan melewati kawasan wisata di kota Bengkulu. Tujuannya, supaya atlet-atlet dari luar daerah itu bisa melihat keindahan objek wisata yang ada di Kota Bengkulu, sekaligus sebagai ajang promosi,” tuturnya. (805)