Ratusan Alsintan Segera Dibagikan kepada Petani Kaur

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur Nasrul Rahman MSi

BINTUHAN,BE – Dipenghujung tahun ini, Pemkab Kaur segera membagikan lebih dari 150 unit alat sarana prasarana pertanian (Alsintan) kepada para petani. Pembagian alsintan ini dilaksanakan setelah beberapa bantuandari Kementerian pertanian (Kementan) serta APBD Provinsi Bengkulu itu sudah siap disalurkan.

“Untuk penyalurkan bantuan itu masih menunggu proses validasi data calon penerima yang final beberapa waktu kedepan,” kata Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur, Nasrul Rahman MSi, kepada BE, Sabtu (5/9).

Dikatakan Nasrul, bantuan itu berupa tracktor roda dua, power triser, pompa air, consiler teng semprot. Tim masih melakukan verifikasi lapangan mencocokan data penerima bantuan dengan data di lapangan. Sebab bisa saja data yang diajukan tidka cocok dengan kondisi lapangannya.

“Banyak calon penerima yang kita coret, dalam proposal mengusulkan bantuan ini itu, nyatanya pas dicek lahan tidak ada hanya mengarang diatas kertas. Tentu hal ini kita harapkan jangan sampai salah sasaran,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam bulan ini saja sebanyak 50 unit traktor tangan, 100 unit mesin sedot air dan juga traktor roda empat baru tiba. Namun pihaknya mengakui bantuan itu tentu tak asal disalurkan, sebab banyak juga nama anggota kelompok tani (Koptan) tumpang tindih, lahan yang diajukan lahan itu itu saja, namun dengan nama dan anggota serta struktur kepengurusan berbeda. Tentu hal ini diharapkan tidak sampai terjadi sehingga salah sasaran.

“Sebelum disalurkan kita tentu harus melakukan validasi berulang ulang agar tak salah sasaran,
totalnya lebih dari 150 unit bantuan,” tandasnya.  (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*