Rastra Penuhi Kebutuhan Pangan Warga Miskin

FOTO BERSAMA: Bupati Mukomuko, Kajari dan pihak terkait saat melakukan foto bersama ketika memberikan bansos rastra secara simbolis, kemarin (19/1).
FOTO BERSAMA: Bupati Mukomuko, Kajari dan pihak terkait saat melakukan foto bersama ketika memberikan bansos rastra secara simbolis, kemarin (19/1).

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Bupati Mukomuko, Choirul Huda, kemarin (19/1) melaunching penerimaan bansos rastra yang diperuntukan bagi ribuan masyarakat miskin di daerah tersebut. Bantuan rastra diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat miskin. Sehingga penghasilan yang ada selama ini dapat digunakan oleh masyarakat yang bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

“Rastra sangat membantu warga miskin, sehingga secara bertahap kesejahteraan warga semakin meningkat. Meskipun dari jumlah penerima rastra saat ini belum secara menyeluruh,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Herlian Saleh menyampaikan, penerima bansos rastra, pagu dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI berjumlah 9.221. Namun untuk tahap kesatu ini sekitar 8 ribu yang baru tersalurkan. Selebihnya akan dilakukan pada tahap kedua mendatang. Herlian menjelaskan, sistem rastra saat ini berbeda. Tahun sebelumnya masyarakat mendapatkan 15 kg/bln dengan biaya tebus 1.600/kg, tetapi mulai tahun 2018 ini masyarakat miskin mendapatkan beras secara gratis sebanyak 10kg/bln/kk.

“Jumlah pagu dan beras yang diterima berdasarkan Permensos nomor 4/HUK/2018. Daerah hanya tinggal merealisasikan di lapangan berdasarkan peraturan dan mengawasi,”ungkapnya.

Kegiatan launching bansos rastra berlangsung di Desa Agung Jaya. Selain di hadiri pejabat Pemda Mukomuko, instansi vertikal, juga langsung hadir penerima rastra secara simbolis dan masyarakat setempat. (900)