Raskin Desa Tangga Batu Tak Merata, Dikembalikan

DSC_0402

SELUMA SELATAN, BE- Kemarin(26/6) pukul 10.00 WIB Warga Desa Tangga Batu Seluma Selatan mengembalikan beras raskin ke Kantor Camat Seluma Selatan. Pasalnya jumlah pene.rima raskin 141 Kepala keluarga sedang data Badan Pusat Statistik(BPS) hanya  47 kepala keluarga.

Setelah dilakukan musyawarah, 5 kepala keluarga enggan membagikan secara merata dan menerima raskin.  Raskin yang dikembalikan berjumlah 141 Karung atau seberat 2,105 ton untuk Desa Tangga Batu.  Khawatir akan terjadi gejolak maka pihak Badan Pembagunan Desa (BPD) mengembalikan ke kecamatan.

“Kita telah melakukan pertemuan menjelang pembagian raskin ini dan setuju untuk melakukan pembagian secara merata kepada 141 kepala keluarga. Namun 5 kepala keluarga tetap ingin mendapatkan untuh raskin sebanyak 45 Kg,” ujar Ketua Badan pembagunan Desa(BPD) Tangga Batu, Lamun.

Bukan kali ini saja pembagian raskin di desa tersebut bermasalah, bahkan pada triwulan pertamapun juga bergejolak. Namun dapat diredam. Sayangnya kali ini kembali bergejolak dengan penolakan akan pembagian rata ke sejumlah warga miskin di desa Tangga Batu. Seyogyanya jumlah warga miskin yang terdata perangkat desa berjumlah 141 KK namun data yang ada di BPS hanya berjumlah 47 KK. Hal inilah yang membuat penerima raskin bergejolak.

“Data penerima raskin dari BPS tidaklah kongkrit melainkan data lama. Jika ini terus menerus terjadi maka pada tahap berikutnya menolak akan adanya raskin yang dibagikan tersebut.”terangnya.

Terpisah, Camat Seluma Selatan Wariman SE MM membenarkan akan adanya warga Desa Tangga Batu yang mengantarkan beras raskin ke Kantor camat dan menolak untuk dibagikan. Pasalnya data yang ada tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Warga sendiri khawatir jika tetap memaksakan untuk pembagian tersebut.

“Sejauh ini  141 Karung atau seberat 2,105 ton beras raskin ini tetap kita tempatkan dan diamankan di kantor camat sembari mencari akan solusi dari pembagian raskin kedepannya,”terang Camat Seluma Selatan Wariman SE MM.

Disisi lain, bukan hanya dari Desa Tangga Batu namun di Desa Fajar Bulan, Kecamatan Semidang Alas Maras(SAM) justru 5 orang warga yang benar-benar miskin tidak mendapatkan jatah beras raskin selama ini, bahkan nama mereka tidak terdaftar pada penerima raskin pada triwulan pertama dan triwulan kedua ini ditahun 2013 ini. Mereka adalah Cocon, Biaiti, Sutan, Yahada dan Didi.

“Hendaknya data penerima raskin ini dapat dikaji ulang oleh pihak BPS dan dapat langsung mengecek kelapangan setidaknya perangkat desa diajak untuk mendata secara langsung warga desa yang benar-benar layak menerimanya,”ujar Buyung Saripun warga Pajar Bulan kecamatan SAM, ketika dihubungi BE, kemarin.(333)