Raskin Belum Ditebus

Johar Yanto

CURUP, BE – Memasuki bulan April tahun 2015 ini, masih ada dua kecamatan yang ada di Rejang Lebong yang belum melakukan penebusan Raskin terhitung dari Januari hingga April. Kedua Kecamatan yang belum melakukan penembusan raskin tersebut adalah Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Sindang Dataran.

“Memang saat ini dua kecamatan yang belum melakukan penebusan yaitu Kecamatan Sindang Dataran dan Kecamatan Sidang Beliti Ulu,” ungkap Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Helvin Elkadarido melalui Kasubag Industri, Perdagaan dan Pasar (IPP), Johar Yanto, SSos usai rapat evaluasi dan sosialisasi Raskin diruang Pola Pemkab Rejang Lebong Rabu (6/4).

Dalam rapat evaluasi dan sosialisasi Raskin tersebut juga dibahas soal belum adanya informasi soal perubahan penerima raskin termasuk kuota yang diterima oleh masing-masing kecamatan.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk perubahan penerima dan kuota Raskim,” jelas Johar Yanto.

Menurut Johar Yanto, dengan belum adanya perubahan penerima Raskin di Rejang Lebong. Maka kuota penerima Raskin di Rejang Lebong masih mengikuti kuota atau data yang lama.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa hingga kemarin bagian ekonomi belum menerima brita acara pengganti penerima raskin dimasing-masing kecamatan dan desa penerima.

“Sejauh ini kita belum menerima brita acara daftar nama penerima yang meninggal, pindah ataupun yang sudah tidak menerima raskin,”paparnya.

Sementara itu, untuk realisasi Raskin di Rejang Lebong sendiri, menurut Johar Yanto hingga bulan Maret 2016 kemarin penyaluran Raskin di Rejang sudah mencapai 18 persen dari sebanyak 3.512.520 Kg.(251)