Rasa Takut Dahlan Hilang Sejak 7 Tahun Lalu

dahlan iskanJAKARTA— Selain rasa penasaran dan ingin mencoba, Menteri BUMN Dahlan Iskan akhirnya Jumat lalu (15/2) bisa merealisasikan keinginannya, yaitu melakukan operasi cuci otak di RSPAD Jakarta.Saat memutuskan untuk operasi, Dahlan mengaku tidak merasa takut. Rasa takut itu sudah hilang sejak tujuh tahun lalu. Tepatnya pada tahun 2006, saat dia melakukan operasi hati.

“Saya ini sudah pernah ganti hati, sudah tidak ada yang ditakuti lagi sejak saya operasi ganti hati waktu itu, bahkan sampai kehilangan jabatan sekalipun, itu misalnya,” ujar Dahlan di Pencenongan, Jakarta, Senin (18/2).

Dahlan juga mengaku tak takut dicitrakan oleh masyarakat bahwa dirinya sedang sakit. Bahkan bos PLN ini menuangkan proses operasi cuci otak yang dia lakukan di salah satu tulisannya “Manufacturing Hope 65”.

Hal itu dilakukan Dahlan, karena dia tak mau menyimpan atau menyembunyikan apa yang telah dia lakukan.

“Karena saya ingat Pak Lee Kuan Yuw (PM Singapura) saat sakit dia membeberkan seluruh penyakitnya dan proses operasi yang dia lakukan ke media massa,” papar dia. “Itu bagian dari keterbukaan namanya, enggak boleh kita sembunyi-sembunyi,” imbuhnya.

Dahlan menilai, dengan memberikan informasi lengkap seputar operasi yang baru saja dia lakukan, setidaknya dapat menambah pengetahuan baru, bagi mereka yang masih tabu tentang operasi cuci otak. (chi/jpnn)